Dark/Light Mode

Gelar Lomba Tudung Saji Nusantara, Kemenperin Gali Inovasi Perajin

Jumat, 11 Desember 2020 18:28 WIB
Dirjen IKMA Gati Wibawaningsih. (Foto: ist)
Dirjen IKMA Gati Wibawaningsih. (Foto: ist)

 Sebelumnya 
Menurutnya, tudung saji juga merupakan warisan budaya turun temurun dari nenek moyang yang memiliki nilai historis dan filosofis tinggi. “Tudung saji, terdiri dari dua kata, yaitu Tudung dan Saji. Tudung berarti penutup dan Saji berarti sajian atau hidangan,” ungkapnya. 

Proses seleksi kompetisi ini dilakukan untuk memilih 30 karya dari total 168 pendaftar. Selanjutnya, peserta diseleksi kembali menjadi 10 besar, dan kemudian 3 (tiga) besar di tahap penjurian akhir. 

Baca juga : Menko Luhut: Dukung SWF Indonesia, Jepang Mau Investasi Rp 57 Triliun

“Tiga peserta terbaik kompetisi ini yaitu Muliani (Lombok Tengah –NTB), Andi Aisha JBP (Makssar – Sulsel), Ketut Sukra Wenten (Buleleng- Bali),” ujar Ketua Bidang Daya Saing Dekranas, Chandrasari Agus Suparmanto.

Para juara mendapatkan hadiah uang pembinaan dari Kementerian Perindustrian sebesar Rp 30 juta (Juara 1), Rp 20 juta (Juara 2), dan Rp 15 juta (Juara 3), serta hadiah berupa 1 buah personal computer untuk masing-masing pemenang dari Kemendag. Sedangkan untuk 10 Finalis mendapatkan masing-masing satu paket studio mini dari Kemendag, serta pulsa ponsel senilai Rp 100.000 selama enam bulan dari Ketua Bidang Daya Saing Dekranas. 

Baca juga : Gelar Wisuda Angkatan Ke-5, TIA Cetak SDM Berjiwa Inovasi

Melalui kompetisi ini, diharapkan para perajin di masa yang akan datang akan terus mengeluarkan ide, inovasi dan karya kreatif yang dapat memberikan pengaruh positif pada perkembangan industri kerajinan lokal. [DIT]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.