Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Garda Terdepan Penanganan Covid-19

Puskesmas Ciracas Rutin Sosialisasi Ke Perusahaan

Kamis, 19 November 2020 07:00 WIB
Kepala Puskesmas Ciracas, Sunersi Handayani (tengah) saat akan mengantar warga yang akan menjalani karantina di Flat Isolasi Mandiri Kemayoran, Jakarta Pusat. (Foto: Dok. Pribadi)
Kepala Puskesmas Ciracas, Sunersi Handayani (tengah) saat akan mengantar warga yang akan menjalani karantina di Flat Isolasi Mandiri Kemayoran, Jakarta Pusat. (Foto: Dok. Pribadi)

RM.id  Rakyat Merdeka - Puskesmas menjadi garda terdepan dalam menangani Covid-19. Sejumlah upaya pencegahan seperti mengubah perilaku, pelacakan kontak atau tracing menjadi salah satu tantangan terbesarnya.

Kepala Puskesmas Ciracas, Jakarta Timur, Sunersi Handayani mengatakan, mengubah kebiasaan masyarakat dengan menerapkan 3M: memakai masker, mencuci tangan pakai sabun dan air mengalir, dan menjaga jarak adalah suatu tantangan tersendiri.

"Saat ini, upaya sosialisasi protokol kesehatan sudah mulai ringan. Sudah banyak terbantu oleh lintas sektor, termasuk media sosial. Peraturan daerah dan Satpol PP juga sangat banyak membantu," kata Sunersi saat Talk Show “Puskesmas, Garda Terdepan Penanganan Covid-19” yang digelar RMco.id secara virtual, Selasa (17/11).

Baca juga : Top, Puskesmas Ciracas Kini Punya Ruang Bersalin Khusus Pasien Corona

“Biasanya, masyarakat akan lebih patuh bila ada sanksi,” imbuhnya.

Sunersi yang akrab disapa Iis juga menyinggung soal kegiatan masyarakat di tengah pandemi, seperti hajatan atau pengajian. Dia mengaku tak punya kewenangan untuk melarang atau memberi izin.

“Kalau di tingkat provinsi atau gubernur sudah membuka atau memberi izin sejumlah kegiatan, kami tentu juga mempersilakan. Namun, kami tetap mengimbau agar tetap menjalankan protokol kesehatan,” jelasnya.

Baca juga : Puskesmas Ciracas Rutin Sosialisasi Ke Perusahaan

Bila panitia kegiatan meminta arahan tentang persiapan yang harus dilakukan agar terhindar dari Covid-19, Puskesmas akan siap membantu. Dalam hal ini, Puskesmas hanya sebatas konsultan dalam pencegahan Virus Corona.

"Mereka (pihak panitia) yang menyiapkan alat pencuci tangan, pengecekan suhu tubuh dan menjaga agar tidak ada kerumunan,” ujar Iis.

Puskesmas Ciracas juga rutin memberikan pengarahan tentang pencegahan Covid-19 di tempat-tempat umum atau pabrik. Jangan sampai, lokasi tempat perkumpulan itu justru menjadi klaster baru.

Baca juga : Kepolisian Inggris: Covid-19 Plus Isolasi Turut Ciptakan Badai Sempurna Radikalisasi

“Dari kecamatan dan kelurahan, kami punya monitoring PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar). Hal itu dilakukan agar masyarakat menerapkan protokol kesehatan,” akunya.

Tak hanya itu, Puskesmas Ciracas juga rutin menggelar webinar bersama perusahaan-perusahaan di wilayahnya untuk mencegah penyebaran Covid-19. Dia juga meminta setiap perusahaan memiliki Satgas Covid-19.

“Kegiatan di tiap perusahaan itu juga kerap kami monitor. Bagaimana cara antisipasi dan penerapannya,” pungkas Iis. [QAR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.