Dark/Light Mode

Kejar Produksi 1 Juta Barel, Menteri ESDM Dukung Transformasi Hulu Migas

Selasa, 15 Desember 2020 15:56 WIB
Ilustrasi hulu migas. (Foto: ist)
Ilustrasi hulu migas. (Foto: ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mendukung penuh Satuan Kerja Khusus Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) dalam mentransformasi hulu migas. Hal ini untuk meningkatkan produksi migas nasional.

Menteri ESDM, Arifin Tasrif mengatakan, tranformasi hulu migas sejalan dengan amanah Undang-Undang Dasar 1945 Pasal 33 Ayat 3 sehingga dapat memberikan kesejahteraan kepada masyarakat. Transformasi migas diharapkan bisa meningkatkan produksi migas nasional secara signifikan.

“Dengan begitu kontribusi hulu migas untuk pembangunan perekonomian nasional dapat ditingkatkan," kata Arifin seperti ditulis Selasa (15/12).

Baca juga : Persiapkan UMKM Pasca Pandemi, Menkop Teten Fokus 3 Upaya Transformasi

Untuk diketahui, pada Senin (14/12), Arifin membuka rapat kerja SKK Migas secara virtual. Melalui rapat kerja itu, kata Arifin, SKK Migas bisa memastikan program kerja 2021 sesuai dengan rencana jangka panjang yang telah ditetapkan guna mendukung pencapaian target produksi minyak 1 juta barel per hari (BOPD) dan gas sebesar 12 miliar standar kaki kubik per hari (BSCFD) di tahun 2030.

"Saya berharap rapat kerja ini dapat menghasilkan rencana kerja (2021) dan target-target yang jelas, terukur, dan dapat diturunkan sehingga seluruh insan hulu migas dapat memberikan kontribusinya dengan baik," tegas Arifin.

Sementara Dirjen Migas Tutuka Ariadji menekankan pentingnya proses roses digitalisasi, strategic alliance serta Enhanced Oil Recovery (EOR) dalam memenuhi rencana jangka panjang SKK Migas.

Baca juga : Fitur PayLater LumApps Dukung Transformasi Digital di Indonesia

Karena itu, dia berharap, SKK Migas secara rutin melakukan monitoring dan evaluasi bahkan menghadirkan inovasi atas permasalahan yang ada.

"Sumber kegagalan juga harus dilihat lagi, karena kadang-kadang sumber kegagalan juga menjadi kunci kesuksesan berikutnya," kata Tutuka.

Kepala SKK Migas Dwi Soetjipto menyampaikan terima kasih atas dukungan yang diberikan oleh pemerintah terhadap industri hulu migas. Termasuk dukungannya terhadap upaya SKK Migas mempercepat pembahasan Plan of Development (POD) sehingga memperkokoh pondasi produksi migas di masa mendatang.

Baca juga : Menko Luhut Tegaskan Pemerintah Dukung Iklim Investasi Sektor Hulu Migas

Pada raker kali ini, SKK Migas juga menargetkan produksi lifting minyak sebesar 705 ribu BOPD dan gas sebesar 5.638 MMSCFD. Selain itu, SKK Migas juga menetapkan rencana jangka panjang (long term plan) di samping penetapan Key Performance Indicator (KPI). [DIT]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.