Dark/Light Mode

Irjen Laksmi Kawal Misi Besar KLHK Untuk Rakyat

Sabtu, 19 Desember 2020 16:49 WIB
Inspektur Jenderal KLHK baru, Laksmi Wijayanti saat dilantik di Kementerian LHK, Jumat (18/12)
Inspektur Jenderal KLHK baru, Laksmi Wijayanti saat dilantik di Kementerian LHK, Jumat (18/12)

RM.id  Rakyat Merdeka - Inspektur Jenderal (Irjen) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan yang baru dilantik, Laksmi Wijayanti mengucapkan terima kasih atas kepercayaan dan amanah yang diberikan kepadanya. 

Ia siap mengawal visi dan misi besar KLHK , khususnya dalam tata kelola hutan dan lingkungan untuk kesejahtraan rakyat dan membantu pemulihan ekonomi nasional.

“KLHK dengan tugas dan tanggung jawab yang sangat besar, juga  memiliki misi yang besar  terkait langkah-langkah  korektif dari kebijakan korektif presiden Joko Widodo,” katanya, Sabtu (19/12).

Baca juga : Mendes Paparkan Konsep SDGs Desa Ke Bank Dunia

Karena itu lanjut Laksmi, maka semua langkah dan kebijakan birokrasi harus dilakukan secara cepat dan tepat serta terukur, efektif, dan semua harus dikoreksi demi tercapainya tujuan dengan tetap berpihak pada kepentingan masyarakat.

“Jadi, ketika aparat  pengendalian internal diperbaiki, maka wajib pengawas internal itu berubah. Dengan demikian misi besar pengawasan internal  yakni mendukung birokrasi KLHK seefektif mungkin,” tegas Laksmi.

Pria jebolan ITB Bandung jurusan Planologi ini menerangkan, bentuk pengawasan saat ini bukan seperti dulu, hanya  watchdog atau menjaga saja,  melainkan harus sering menginformasikan atau mengingatkan sesuatu dari awal atau earli warning system.

Baca juga : Manfaat Vaksin Jauh Lebih Besar Daripada Efek Sampingnya

“Kita pun harus melakukan pendekatan secara komprehensif, baik untuk sumber daya manusia (SDM), manajemen resiko, serta bagaiman mencegah kerugian dari awal,” kata Laksmi 

Dia  menambahkan bahwa dirinya sangat senang karena berada dalam situasi proses transformasi birokrasi pemerintahan yang makin modern dan di KLHK sendiri, di bawah Menteri LHK, Siti Nurbaya banyak melakukan perubahan besar dan mendasar. 

Banyak yang sudah berhasil dan dirasakan manfaatnya, dan masih sebagian  yang dalam proses , sebab kerja birokrasi tidak semuanya dapat dirasakan langsung, butuh proses panjang. 

Baca juga : Dian Sastro Happy Pandemi Tak Batasi Sineas Untuk Berkarya

“Ibu Menteri Siti Nurbaya telah bekerja secara sistematis dan terukur untuk mewujudkan itu,” tambahnya.

Adapun Pejabat Pimpinan Tinggi Madya (Eselon I) yang dilantik dan diambil sumpahnya yaitu Inspektur Jenderal KLHK, Laksmi Wijayanti, dan lima Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama (Eselon II) yaitu Direktur Konservasi Tanah dan Air, Muhammad Zainal Arifin; Direktur Kesatuan Pengelolaan Hutan Lindung, Tuti Herawati; Direktur Pengendalian Kerusakan Perairan Darat, Sri Handayaningsih; Inspektur Wilayah IV, Ade Tri Ajikusumah, dan Inspektur Investigasi, Ardyanto Nugroho. [FIK]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.