Dark/Light Mode

Ekonomi Lagi sulit

Beasiswa Pendidikan Untuk Rakyat Kecil Perlu Diperluas

Rabu, 21 Oktober 2020 19:05 WIB
Wakil Ketua MPR Syarief Hasan.
Wakil Ketua MPR Syarief Hasan.

RM.id  Rakyat Merdeka -  Program beasiswa pendidikan dasar, menengah dan tinggi untuk rakyat kecil, perlu diperluas.  Apalagi, saat ini, perekonomian rakyat sedang terpukul akibat pandemi Covid-19. 

Pandangan itu disampaikan Wakil Ketua MPR Syarief  Hasan menjawab pertanyaan seorang santri,  di acara Temu Tokoh Nasional bersama Wakil Ketua MPR Syarief Hasan, di Pondok Pesantren Roudhotul Muta'allimin, Sukanagalih, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Selasa (20/10).

Santri itu menyampaikan ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi namun terkendala biaya.  Acara temu Syarief Hasan ini dihadiri Pimpinan Ponpes H. Dadang Abdul Aziz. Ketua Yayasan Hj. Tati Sholihah, dan tokoh masyarakat setempat.

Baca juga : Honda Targetkan Bisa Pertahankan Market Share 14,4 Persen

Syarief mengaku prihatin dengan adanya santri alami masalah biaya untuk kepentingan belajar. Bahkan, menurutnya, ada santri yang sudah menempuh pendidikan tinggi terancam keluar karena alami masalah biaya.

Padahal, lanjut syarief, mendapatkan pendidikan merupakan hak rakyat yang diatur dalam UUD NRI Tahun 1945 Pasal 31 ayat 1 yang berbunyi, Setiap warga negara berhak mendapatkan pendidikan. Dan ayat 2 yang berbunyi, Setiap warga negara wajib mengikuti pendidikan dasar dan pemerintah wajib membiayainya.

"Tolak ukurnya di pasal itu.  Menyelenggarakan pendidikan adalah salah satu pelayanan negara kepada rakyatnya, dengan tujuan mencerdaskan.  Mestinya, tidak ada kesulitan kepada setiap warga negara untuk mendapatkannya, termasuk memperoleh beasiswa," katanya.

Baca juga : Celaka, Kalau Rakyat Lebih Percaya Medsos

Program beasiswa lembaga pendidikan yang dikelola negara, diungkapkan Syarief, memang ada . Tapi sayang, masih tidak menjangkau seluruh rakyat yang membutuhkan.  

"Kalau lembaga swasta, saya rasa ada namun banyak kendala. Inilah yang harus diperhatikan oleh pemerintah.  Harus diperbaiki masalah-masalahnya, terus disempurnakan agar program beasiswa bisa diberikan dengan tepat sesuai sasaran," jelasnya.

Syarief  mengajak seluruh elemen masyarakat untuk membantu generasi muda bangsa.  Jangan sampai potensi besar mereka terhalang karena kemiskinan. 

Baca juga : Ekonomi Lagi Sulit, Gapero Dan APTI Minta Tak Ada Kenaikan Cukai Rokok

"Saya sendiri sesuai kapasitas dan kewenangan sebagai Pimpinan MPR akan coba mendorong pemerintah menyikapi hal tersebut dengan sungguh-sungguh," pungkasnya. QAR

 

 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.