Dark/Light Mode

Antisipasi Lonjakan Kasus Covid Pasca Libur Nataru, Menkes Siapkan 100 Bed Tambahan Di RSCM

Jumat, 25 Desember 2020 21:58 WIB
Antisipasi Lonjakan Kasus Covid Pasca Libur Nataru, Menkes Siapkan 100 Bed Tambahan Di RSCM

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menyiapkan tambahan lebih dari 100 tempat tidur di Rumah Sakit dr Cipto Mangunkusuomo (RSCM) Jakarta, untuk mengatasi kemungkinan lonjakan kasus Covid-19 setelah libur Natal 2020 dan Tahun Baru 2021.

"Tempatnya ada. Tinggal ditambah jumlah tempat tidur dan ICU-nya. Ada potensi ditambah sampai 100 tempat tidur," kata menteri yang akrab disapa BGS, saat jumpa pers virtual di sela kunjungan ke RSCM Jakarta bersama Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono Harbuwono, Jumat (25/12).

Berita Terkait : Cegah Lonjakan Covid Di Akhir Tahun, Akademisi UI Berikan 17 Rekomendasi

BGS menilai, yang tidak kalah penting, adalah penambahan perawat. Sebab, jumlah dokter, alat kesehatan dan ruangan di RSCM masih mencukupi untuk penanganan Covid-19. Namun, jumlah perawatnya belum memadai.

Untuk menekan penambahan kasus konfirmasi positif Covid-19, BGS mengimbau masyarakat yang berlibur pada masa Natal dan Tahun Baru, agar tetap menerapkan protokol kesehatan.

Berita Terkait : BGS, Sarjana Fisika Nuklir Pertama Yang Jadi Menkes

"Pandemi masih terjadi di masa liburan panjang ini. Tolong dipastikan, hari besar ini kita jalani dengan damai dan sehat," tuturnya.

BGS juga mengimbau masyarakat untuk tidak bepergian, tetap di rumah, dan menjalankan kegiatan di dalam rumah dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. Yaitu memakai masker, mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir, dan menjaga jarak.

Berita Terkait : Dalam Sehari, Ledakan Corona Nyaris 8.000

"Itu harus terus kita lakukan untuk mencegah penularan Covid-19. Jangan sampai, sesudah liburan yang indah ini, ada keluarga kita yang tertular Covid-19," tandasnya. [FAQ]