Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Mobil Listrik, Ikhtiar Mencintai Bumi

Jakarta-Bali Murah, Ongkosnya Cuma Rp 200 Ribu

Sabtu, 2 Januari 2021 15:50 WIB
Foto: Humas BUMN
Foto: Humas BUMN

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri BUMN Erick Thohir mengecek sejumlah fasilitas stasiun pengisian mobil listrik (charging station) di Bali, Sabtu (2/1).

Erick yang ikut menguji coba mengendarai mobil listrik, menegaskan kesiapan Indonesia untuk menjadi pemain utama industri mobil listrik.

Baca juga : Menteri BUMN Dorong Kapitalisasi Saham Telkom Capai Rp 450 Triliun

"Hari ini, saya mencoba mengendarai mobil listrik, dan mengecek kesiapan stasiun pengisian kendaraan listrik (charging station) di Bali. Mobil listrik ini sudah dicoba oleh tim PLN dari Jakarta ke Bali. Kalau pakai BBM, ongkosnya Rp 1,1 juta . Tapi pakai mobil listrik,  jauh lebih murah. Cuma Rp 200 ribu. Hal ini tentunya sangat menghemat, terutama di saat pandemi seperti ini,” jelas Erick.

“Kita semua harus menjaga ketahanan energi nasional. Saat ini, kita impor 1,5 juta barel per hari untuk BBM atau setara Rp 200 triliun per tahun. Mobil listrik adalah solusi untuk mengurangi berpindahnya devisa ke luar negeri,” tambahnya.

Baca juga : Bubarin Acara Resepsi Tanpa Pandang Bulu…

Erick menjelaskan, mobil listrik punya banyak manfaat. Tak cuma semata benefit ekonomi, tetapi juga manfaat bagi lingkungan. Hal ini sejalan dengan misi pemerintah untuk mendorong pembangunan ekonomi yang berkelanjutan.

“Mobil listrik lebih ramah lingkungan. Emisi yang dihasilkan, lebih rendah dibanding kendaraan yang menggunakan bahan bakar minyak. Sehingga, akan mengurangi polusi udara dan juga polusi suara. Bahkan, PLN memberikan diskon 30 persen untuk isi daya di malam hari," papar Erick.

Baca juga : Wow Mantap, Pakai Kartu Brizzi Tarif Damri Jakarta-Bandung Cuma Rp 100 Rupiah

Sejak awal pandemi, Erick memang mengingatkan PLN agar memperbaiki layanan terhadap masyarakat. Di samping mengubah strategi usahanya, sesuai pola kehidupan masyarakat karena pandemi Covid. Antara lain, dengan ikut mengembangkan mobil listrik.

Saat ini, PLN juga sudah masuk dalam konsorsium BUMN yang membangun baterai listrik dengan Korea dan China. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.