Dark/Light Mode

Ekonomi Stabil

Moeldoko Pastikan Pemilu Tidak Mengganggu Investasi

Selasa, 26 Maret 2019 06:01 WIB
Kepala Kantor Staf Presiden (KSP) Moeldoko. (Foto : istimewa)
Kepala Kantor Staf Presiden (KSP) Moeldoko. (Foto : istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pemilu serentak dipastikan tidak akan menganggu investasi Indonesia. Pertumbuhan ekonomi nasional juga akan terus stabil dan tidak akan terusik dengan pesta demokrasi.

Hal itu dikatakan Kepala Kantor Staf Presiden (KSP) Moeldoko di Surabaya, kemarin. “Dipastikan pertumbuhan ekonomi di Indonesia, akan terus stabil dan tidak akan terusik den­gan pesta demokrasi,” ujarnya.

Ia optimistis, sinergi dan kon­sistensi yang dibangun pemerintah selama ini akan mendatang­kan investor untuk berinvestasi di Tanah Air. “Saya pastikan, pesta demo­krasi nanti berjalan dengan baik. Indikator-indikator itu saya kenali dengan baik, dan saya punya naluri untuk itu, mem­baca situasi,” kata Moeldoko, di Hotel Shangri-La, Surabaya, kemarin.

Baca juga : Mendag Tidak Pro Pengusaha Dan Petani

Menurut dia, Indonesia me­miliki stabilitas ekonomi, poli­tik, dan keamanan yang baik. Sehingga, kata Moeldoko, masyarakat tidak boleh pesimis pesta demokrasi akan mengganggu stabilitas ekonomi Indonesia. Moeldoko mengaku, apa pun hasil Pilpres dan siapapun yang akan terpilih nanti, ekonomi Indonesia akan tetap stabil.

Sebagai mantan Panglima TNI, ia mengaku memiliki naluri untuk melihat situasi yang terjadi di Tanah Air. “Menurut saya tidak akan terjadi apa-apa, walaupun di dunia maya seperti perang. Dunia maya memang kejam­nya seperti itu, tetapi begitu di lapangan tidak seperti yang kita gambarkan,” ujar Moeldoko.

Moeldoko optimistis pertum­buhan ekonomi semakin baik. Apalagi pemerintah sudah menyiapkan berbagai prasyarat investasi bagi para investor, yakni berupa infrastruktur jalan mulai dari darat, laut, hingga in­ frastruktur langit alias internet. “Saat ini sudah hampir 100 persen seluruh Indonesia semuanya telah terbangun. Tidak menjadi kendala di mana pun berkomunikas dan membantu pertumbuhan e-commerce Indonesia,” jelasnya.

Baca juga : Romi Terciduk OTT, TKN Pastikan Jokowi Tak Akan Intervensi

Moeldoko opti­mistis setelah pemilu nanti per­ tumbuhan ekonomi Indonesia akan semakin baik. Ia menambahkan, soal inves­tasi setiap investor akan bertanya tentang logistik apakah mahal atau tidak. Sedangkan logistik sangat tergantung pada konek­tifitas, yaitu infrastruktur darat atau udara.

Hal itu, kata dia, sudah diper­siapkan dengan baik untuk meningkatkan pertumbuhan ekono­mi dan investasi di tanah air. “Sehingga menurut saya tidak ada alasan akan terjadi penu­runan investasi. Justru akan melambung nanti,” ujarnya.

Ia pun meyakini investor asing seperti Jepang, Korea, dan China, masih sangat agresif untuk berin­vestasi di Indonesia. Di media sosial, fenomena terbelahnya masyarakat antara kubu pasangan calon nomor urut 01 Jokowi-Ma’ruf Amin, dan kubu pasangan calon nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, memang kerap memuncul­kan kegaduhan. Terlebih, tahapan pencoblosan Pilpres 2019 semakin dekat atau akan berlangsung kurang dari sebulan lagi, tepatnya 17 April mendatang. [DIR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.