Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Selesaikan Pandemi, Menteri Sandi Ajak Insan Pariwisata Ikut Vaksinasi

Kamis, 14 Januari 2021 07:22 WIB
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno. [Foto: Twitter]
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno. [Foto: Twitter]

RM.id  Rakyat Merdeka - Sebagai salah satu strategi utama menyelesaikan masalah pandemi, seluruh insan pariwisata dan ekonomi kreatif di Tanah Air diminta menyukseskan vaksinasi Covid-19 yang dijalankan pemerintah. Ajakan ini disampaikan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno.

"Saya menyambut baik, karena pada hari yang sangat bersejarah ini vaksin mulai didistribusikan. Dengan kepemimpinan Pak Jokowi sebagai orang yang pertama menerima vaksin, ini memberikan rasa yang sangat fundamental kepada masyarakat untuk semua berpartisipasi mendukung program vaksinasi ini," katanya, dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Rabu (14/1).

Kebangkitan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif, ujar Sandi, tidak bisa berjalan sendiri. Namun harus selaras dengan sisi kesehatan. Program vaksinasi menjadi salah satu cara meningkatkan sisi kesehatan dengan terciptanya kekebalan komunitas (herd immunity).

Baca juga : Filipina Berlakukan Safeguard, Menperin: Bukti Daya Saing Industri Otomotif Kita Tinggi

Program vaksinasi, lanjutnya, dilakukan secara bertahap, dengan sejumlah kelompok menjadi prioritas. Yakni, tenaga kesehatan sebagai garda terdepan dalam penanganan Covid-19, petugas pelayanan publik, kelompok usia lanjut (60 tahun ke atas), masyarakat rentan risiko penularan tinggi, serta masyarakat lainnya dengan pendekatan klaster, sesuai dengan ketersediaan vaksin.

Sebagai bahan pertimbangan, Sandi berharap, sektor pariwisata dan ekonomi kreatif yang sangat terdampak akibat pandemi Covid-19 diberikan prioritas dari segi pendistribusian vaksin ini. Juga terhadap daerah-daerah yang sangat terdampak.

"Seperti Bali untuk didahulukan, agar kemungkinan kita membuka kembali daerah-daerah pariwisata dan ekonomi kreatif itu diiringi dengan angka pengendalian Covid-19 dan jumlah masyarakat yang sudah menerima vaksinasi," kata mantan Calon Wakil Presiden bersama Prabowo Subianto di Pemilihan Umum Presiden 2019 ini.

Baca juga : Halal, Menag Ajak Warga Jangan Ragu Ikut Vaksin Covid-19

Sebagai bentuk dukungan yang dapat dilakukan saat ini, kata Sandiaga, seluruh pemangku kepentingan di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif harus tetap menjalankan protokol kesehatan dengan ketat.

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf) dikatakannya akan menyiapkan berbagai program dan stimulus, untuk dapat mempercepat kebangkitan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

Harapannya, terang mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta ke-14 ini, agar sektor parekraf bisa segera pulih dan vaksinasi ini diiringi protokol kesehatan yang ketat dan disiplin. Juga peningkatan testing, treating dan tracing akan mampu mengatasi masalah Covid-19, juga memulihkan ekonomi.

Baca juga : Mantan Menteri BUMN Dahlan Iskan Positif Covid-19

“Di sektor parekraf dapat kembali menjadi mata pencaharian dan menciptakan lapangan kerja bagi lebih dari 30 juta masyarakat Indonesia," ujarnya. [RSM]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.