Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Pasca Gempa Sulbar

Tetap Jalan, Layanan Operasional Dan Navigasi Penerbangan Di Bandara Mamuju

Sabtu, 16 Januari 2021 19:29 WIB
Dirjen Perhubungan Udara Novie Riyanto (Foto: Antara)
Dirjen Perhubungan Udara Novie Riyanto (Foto: Antara)

RM.id  Rakyat Merdeka - Direktorat Jenderal Perhubungan Udara memastikan operasional penerbangan di Bandara Tampa Padang- Mamuju tetap berjalan normal, pasca gempa bumi M6,2 di wilayah Majene Sulawesi Barat, Jumat (14/1).

Pengendalian layanan navigasi penerbangan dilakukan unit AirNav setempat dan AirNav Makassar.

"Karena ada kerusakan pada tower navigasi penerbangan di Bandara Tampa Padang-Mamuju, pelayanan navigasi penerbangan berupa flight information services diberikan di watch room PKP-PK Bandara Mamuju. Operasional di Bandara Mamuju tetap berjalan normal,” jelas Dirjen Perhubungan Udara, Novie Riyanto.

Baca juga : BMKG: Gempa Sulbar Tergolong Gempa Kerak Dangkal Yang Dipicu Aktivitas Sesar Aktif

Atas pengalihan pelayanan navigasi penerbangan tersebut, Bandar Udara Tampa Padang-Mamuju tetap melayani penerbangan secara normal dan siap melayani penerbangan untuk bantuan logistik, pengerahan personil bantuan dan fasilitas evakuasi.

Fasilitas bandara yang dapat digunakan adalah landasan sepanjang 2500 m (declared operation 1950 m) , serta kapasitas apron untuk 7 pesawat.

“Kami telah melakukan koordinasi dengan pihak terkait, yaitu bandara, BPBD, TNI dan Polri untuk kedatangan dan pengamanan logistik yang akan didistribusikan. Kami turut prihatin dan berdukacita untuk keluarga para korban. Semoga bencana ini dapat segera terlewati dan terselesaikan dengan baik,” tambah Novie.

Baca juga : Pasca Gempa, Pertamina Pastikan Pasokan BBM Dan LPG Aman Di Majene

Bandara yang terdampak gempa ialah Bandar Udara Tampa Padang - Mamuju dan Bandar Udara Sumarorong - Mamasa. Secara umum, kondisi pegawai serta fasilitas bandar udara tidak terkendala. Hanya ada erusakan minor pada beberapa fasilitas di bandara, dan saat ini sedang diperbaiki.

Selanjutnya, dalam memenuhi SDM pelayanan operasi penerbangan di bandara Mamuju, telah dilakukan pengerahan/perbantuan (detasering) personel penerbangan bandar udara Sis dari Bandara Sis Al Jufrie-Palu, Bandara Toraja dan bandara sekitar,.serta personil Kantor Otoritas Bandara Wilayah V Makassar.

“Kondisi bandar udara dan navigasi penerbangan sudah dapat ditangani dengan baik. Operasional di bandara dapat tetap berjalan. Hanya, untuk saat ini, pelayanan navigasi penerbangan pendekatan (approach) dialihkan ke AirNav Makassar,” tutup Novie. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.