Dark/Light Mode

Tinjau Pengungsi Banjir Bandang Bogor, Muhadjir Kasih Bantuan Masker Dan Pangan

Kamis, 21 Januari 2021 07:44 WIB
Tinjau Pengungsi Banjir Bandang Bogor, Muhadjir Kasih Bantuan Masker Dan Pangan

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy meninjau lokasi pengungsian korban terdampak banjir bandang di kawasan Agro Wisata Gunung Mas, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Rabu (20/1).

Muhadjir datang untuk memastikan langkah-langkah konkret yang akan dilakukan, terutama dari pihak PT Perkebunan Negara (PTPN) VIII

Berita Terkait : Cuaca Belum Kondusif, Pengungsi Banjir Bandang Bogor Diminta Jangan Pulang Dulu

Untuk diketahui, banjir bandang yang terjadi di kawasan Gunung Mas, Desa Tugu Selatan, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor, kemarin, berada di wilayah kepemilikan PTPN VIII.

"Kita juga akan lihat kebutuhannya apakah nanti perlu dukungan dinas-dinas terkait. Baik itu Kementerian Kehutanan, BNPB, atau cukup di-handle oleh pihak PTPN. Nanti saya akan bicara juga dengan Menteri BUMN," ujarnya kepada para awak media di lokasi pengungsian.

Berita Terkait : Banjir Bandang Di Kabupaten Bogor, 900 Jiwa Terdampak

Muhadjir mengatakan, pemerintah sebetulnya sudah melakukan pemetaan secara menyeluruh. Termasuk, untuk potensi bencana di wilayah Jawa Barat.

Pemetaan dilakukan secara seksama dari waktu ke waktu  untuk penyempurnaan penanganan bencana sehingga menjadi lebih tersistem. Ia pun menilai beberapa bencana yang belakangan terjadi di tahun ini, akibat dampak La Nina. Antara lain longsor dan banjir bandang yang terjadi di Kalimantan Selatan, gempa bumi di Sulawesi Barat, serta air pasang di Manado.

Berita Terkait : Banjir Bandang Di Puncak Bogor, 474 Warga Berhasil Dievakuasi

"Presiden sudah memimpin rapat lebih dari tiga kali, agar kita bisa menangani masalah dampak dari La Nina ini. Insya Allah pemerintah kita siap," tegas Menko PMK.
 Selanjutnya