Dark/Light Mode

Tinjau Pengungsi Banjir Bandang Bogor, Muhadjir Kasih Bantuan Masker Dan Pangan

Kamis, 21 Januari 2021 07:44 WIB
Tinjau Pengungsi Banjir Bandang Bogor, Muhadjir Kasih Bantuan Masker Dan Pangan

 Sebelumnya 
Relokasi dan Reboisasi

Untuk mengantisipasi terjadinya bencana susulan, Muhadjir meminta pihak PTPN, agar segera merelokasi pemukiman karyawan. Terutama, yang berada di wilayah rentan terhadap ancaman banjir bandang dan longsor.

Baca juga : Tinjau Lokasi Banjir Bandang Gunung Mas, Ade Yasin Pastikan Stok Bantuan Aman

"Karena ini ada di lingkungan PTPN sehingga lebih mudah terkendali, yang terdampak dari segi rumah juga tidak banyak. Tetapi untuk mengantisipasi banjir susulan, saya sudah sarankan kepada Dirut PTPN, supaya ada pemindahan rumah-rumah karyawan yang kira-kira rentan," tutur mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan tersebut.

Muhadjir juga merekomendasikan untuk segera menanam banyak pohon keras. Di samping tanaman-tanaman perdu yang memiliki akar kuat, yang mampu mencengkeram tanah gembur agar tidak terjadi longsor.

Baca juga : Terima Pengurus Maserati, Bamsoet Dukung Kegiatan Bantuan Hukum Gratis

"Seperti yang telah dicanangkan Presiden tahun lalu yaitu salah satunya adalah pohon sejenis vetiver (akar wangi). Nanti akan ditanam di wilayah-wilayah yang tingkat kemiringannya sangat ekstrem. Tidak boleh ditanami tanaman lain. Termasuk teh, tidak boleh ditanam di situ. Harus ditanami tanaman keras," pungkas Menko PMK.

Bupati Bogor Ade Yasin yang turut mendampingi mengungkapkan, pihaknya tengah melakukan koordinasi untuk pemulihan wilayah, dan segera mempercepat pemulihan tersebut.

Baca juga : Cuaca Belum Kondusif, Pengungsi Banjir Bandang Bogor Diminta Jangan Pulang Dulu

“Lumpur dan material sudah dibersihkan oleh tim dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Pemadam Kebakaran (Damkar), PUPR, TNI, Polri, Satpol PP, Tagana, Ormas, Siskomdes Tugu Selatan dan lainnya. Saya juga minta agar Desa Tangguh Tahan Bencana (Destana) untuk diaktifkan kembali, agar dapat bersiaga dengan Tagana di titik yang kira-kira rawan bencana,” kata Ade.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.