Dark/Light Mode

Menaker Dorong Pelatihan Vokasi Untuk Peningkatan Kompetensi SDM

Sabtu, 30 Januari 2021 16:30 WIB
Menteri Ketenagakerjaan, Ida Fauziyah
Menteri Ketenagakerjaan, Ida Fauziyah

RM.id  Rakyat Merdeka - Langkah Pemerintah untuk fokus pada pembangunan sumber daya manusia (SDM) dinilai tepat. Pasalnya, ada sekitar 29,12 juta orang penduduk usia kerja yang terdampak pandemi Covid-19 

"Pembangunan SDM, khususnya melalui pendidikan dan pelatihan vokasi untuk peningkatan kompetensi dinilai sangat tepat karena saat ini perlindungan terbaik bagi angkatan kerja baru dan para pekerja adalah perlindungan skill " ujar Menteri Ketenagakerjaan (Menakertrans) , Ida Fauziyah usai acara penandatanganan MoU antara Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja (BBPLK) Medan Ditjen Binalattas dengan mitra, asosiasi/industri di BBPLK, Medan, Sabtu (30/1).

Baca juga : Menkes Targetkan Vaksinasi Tenaga Kesehatan Selesai Akhir Februari

Menurut dia, setiap pekerja harus punya skill dan tersertifikasi.  Skill juga harus bisa diperbaharui secara terus menerus agar bisa mengikuti perubahan karakter pekerjaan yang begitu cepat.

Dengan adanya skill, setiap individu akan punya kemampuan bekerja secara terus menerus, baik bekerja untuk orang lain maupun membuka lapangan kerja baru.

Baca juga : Ngebet Kuota Lebih, Dua Perusahaan Rekanan Nekat Suap Pejabat Kemensos

"Dengan banyaknya SDM yang kompeten, penyerapan tenaga kerja dan produktivitas akan meningkat, yang pada akhirnya akan meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan usai pandemi Covid-19," kata Ida dikutip Antara

Menurutnya, program yang disiapkan tidak akan berjalan baik, bila tidak berkolaborasi dan bersinergi dengan para pemangku kepentingan, khususnya dari Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI).

Baca juga : Muhadjir Dorong Para Penyintas Covid-19 Donorkan Plasma Konvalesennya

DUDI, katanya, sebagai penyerap tenaga kerja memiliki peran besar dalam menentukan kompetensi yang dibutuhkan saat ini dan di masa depan agar proses link and match antara pendidikan dan dunia kerja bisa tercipta.

Untuk itu, penyesuaian harus terus dilakukan agar lulusan pelatihan vokasi yang dilakukan akan selalu relevan dan terserap oleh perkembangan terkini di DUDI. [FIK]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.