Dark/Light Mode

Blusukan Ke Stasiun Bandung, Menhub Acungi Jempol KAI Pakai GeNose

Jumat, 19 Februari 2021 14:40 WIB
Menhub Budi Karya Sumadi meninjau penggunaan GeNose oleh penumpang kereta di Stasiun Bandung, Jawa Barat. (Foto: Kemenhub)
Menhub Budi Karya Sumadi meninjau penggunaan GeNose oleh penumpang kereta di Stasiun Bandung, Jawa Barat. (Foto: Kemenhub)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi blusukan ke Stasiun Kereta Api Bandung untuk meninjau pelayanan GeNose C19 bagi penumpang, Jumat (19/2). 

BKS-sapaan akrab Budi Karya menjelaskan, penerapan GeNose C19 di Stasiun Kereta Api Bandung merupakan salah satu syarat bepergian menggunakan kereta api jarak jauh dan sudah diterapkan sejak 15 Februari 2021. 

Baca juga : Bersihkan Sampah Malam Tahun Baru, Dinas LH DKI Siagakan 1.000 Personel

"Ini adalah tahap kedua GeNose kita lakukan. Tahap pertama yaitu di Jakarta dan Yogyakarta dan sekarang ada penambahan di 5 kota lagi yaitu Bandung, Cirebon, Semarang, Surabaya, dan Solo," ujarnya.

BKS mengapreasiasi, PT Kereta Api Indonesia (Persero) yang sudah melakukan sejumlah perbaikan pelayanan GeNose di stasiun. Salah satunya dengan menyediakan bilik penyekatan bagi para calon penumpang yang melakukan tes GeNose agar tidak berdekatan satu dengan yang lain, seperti yang disarankan oleh para ahli epidemiologi. 

Baca juga : Blusukan Ke Soetta, Menhub Apresiasi Pelaksanaan Tes Covid-19 Di Airport Health Center

Ia juga mengapresiasi antusiasme masyarakat untuk menggunakan GeNose C19. Karena, sejak 15 Februari 2021 sampai dengan hari ini, penumpang kereta api yang melakukan tes screening GeNose C19 di Stasiun Bandung sudah mencapai 1.514 orang. 

Mantan Dirut Angkasa Pura ll ini berharap layanan GeNose C19 bisa terintegrasi ke 20 kota dalam Minggu ini. Sebelumnya, layanan pemeriksaan Covid-19 karya anak bangsa ini telah diterapkan di 8 stasiun yang ada di Jakarta, Yogyakarta, Bandung, Cirebon, Semarang, Surabaya, dan Solo. 

Baca juga : Lawan PKS, Suara Banteng Melonjak Di Kota Depok

"Saya harap dalam kurun waktu seminggu ini, pelayanan GeNose sudah ada di 20 kota lainnya dan bertambah lagi ke 44 kota lainnya dalam waktu kurang dari satu bulan," ucapnya. [KPJ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.