Dark/Light Mode

14 Ribu Jemaah Haji Khusus Masuk Daftar Prioritas Vaksinasi Covid

Jumat, 19 Februari 2021 17:53 WIB
14 Ribu Jemaah Haji Khusus Masuk Daftar Prioritas Vaksinasi Covid

RM.id  Rakyat Merdeka - Sebanyak 14 ribu jemaah haji khusus yang telah melunasi biaya haji 1441H/2020M  dan tertunda keberangkatannya karena pandemi Corona, telah didaftarkan dalam prioritas vaksinasi Covid tahap kedua. 

Data jemaah haji khusus tersebut secara bertahap sudah divalidasi oleh Ditjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah, dan bisa diakses Kemenkes melalui Sistem Informasi dan Komputerasi Haji Terpadu (Siskohat) Kesehatan. 

“Per hari ini, sudah 14 ribu data jemaah haji khusus yang sudah divalidasi dan diajukan untuk didaftarkan dalam usulan prioritas vaksinasi tahap kedua,” terang Kasubdit Siskohat Ditjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah, Hasan Affandi di Jakarta, Jumat (19/2).

Baca juga : Hari Ini, KPK Mulai Lakukan Vaksinasi Covid-19

Ia mencatat, jumlah kuota jemaah haji khusus dalam penyelenggaraan ibadah haji berjumlah 17 ribu. Jadi, masih ada sekitar tiga ribu data jemaah yang masih dalam proses verifikasi.

“Update data tersebut antara lain berupa Nomor Induk Kependudukan [NIK], Nama, Nomor Porsi, dan alamat lengkap jemaah,” jelas Hasan.

Pendaftaran vaksinasi bagi jemaah haji dilakukan sebagai langkah antisipasi jika pemerintah Arab Saudi memutuskan untuk memberikan kuota jemaah haji 1442 H kepada Indonesia. 

Baca juga : Menkes: 115 Pasar Di Jabodetabek Jadi Tempat Vaksinasi Covid-19

Hal ini sejalan dengan surat Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas kepada Menteri Kesehatan pada 5 Januari 2021. 

Melalui surat tersebut, Menag menyampaikan permohonan dukungan perlindungan kesehatan bagi jemaah haji Indonesia. 

Sebelumnya, Kemenag telah melakukan update dan validasi 158 ribu data jemaah haji reguler, dan sudah bisa diakses Kementerian Kesehatan untuk didaftarkan dalam usulan prioritas vaksinasi Covid tahap kedua. 

Baca juga : Menko Luhut Tinjau Progres Pembangunan Destinasi Super Prioritas Danau Toba

Program vaksinasi Covid tahap II sudah bergulir sejak 17 Februari 2021. Program ini diperuntukkan bagi petugas pelayanan umum dan lansia. Jemaah haji Indonesia banyak yang masuk kategori lansia. [FIK]


 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.