Dark/Light Mode

Pulihkan Sektor Parekraf Di Pulau Dewata

Menteri Sandiaga Butuh 120 Ribu Vaksin Untuk Dua Destinasi

Selasa, 2 Maret 2021 13:08 WIB
Ilustrasi (Foto: Istimewa)
Ilustrasi (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pemerintah berencana membuka wisata di Bali melalui program Free Covid Corridor. Hal ini meruapakan bagian dalam upaya pemulihan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif (parekraf), dimulai dengan vaksinasi covid-19 bagi masyarakat, khususnya para pelaku usaha parekraf di Pulau Dewata.

Dari hasil koordinasi antara Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) bersama Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bali, diketahui, butuh 120 ribu dosis vaksin Covid-19 yang dikhususkan bagi pelaku usaha parekraf.

Baca juga : Menteri Sandi Bangun Poltekpar Dukung SDM Di Papua

Kebutuhan vaksin covid-19 tersebut diungkapkan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno, yang ditujukan bagi dua destinasi wisata bebas Covid-19 atau Green Zone. "Nusa Dua ada sekitar 10.000 pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif, termasuk masyarakat. Jika semuanya divaksin akan membutuhkan 20.000 tambahan dari dosis vaksinasi," kata Sandiaga dalam keterangannya, Selasa (2/3).

"Sementara untuk wilayah Ubud dibutuhkan 50.000 pelaku usaha parekraf. Jadi kalau total, 50.000 dikali dua ada 100.000 ditambah 20.000, maka diperlukan 120.000 dosis vaksin yang bisa kita berikan kepada kedua lokasi," imbuhnya.

Baca juga : Pemerintah Siapkan 500 Ribu Tenaga Kerja Untuk Destinasi Super Prioritas

Vaksinasi Covid-19, ditegaskan Sandiaga, merupakan hal penting dalam pelaksanaan program Free Covid Corridor. Oleh karenanya, perlu kolaborasi antara seluruh pihak, di antaranya Kementerian Luar Negeri, Kementerian Kesehatan, Kementerian Hukum dan HAM, Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Pemprov Bali serta TNI dan Polri.

Dia menyebut, kolaborasi bisa mempercepat realisasi Free Covid Corridors yang berujung kepada pemulihan ekonomi, khususnya sektor parekraf di Bali pasca-pandemi covid-19. "Sehingga dapat kita sepakati bersama, maka tidak terlalu lama lagi, sesuai dengan arahan Menteri Koordinator Maritim dan Investasi Pak Luhut, kita akan mulai bisa memfinalisasi pembukaan kembali Bali bagi wisatawan mancanegara," jelas Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta itu.

Baca juga : Kembangkan Pariwisata Dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Perkuat Kolaborasi Kepala Daerah

Namun Sandiaga menegaskan, pelaksanaan vaksinasi Covid-19 tidak semata merealisasikan program Free Covid Corridors, tetapi menekan laju penularan Covid-19. "Beberapa hari terakhir di Bali ada penurunan kasus Covid-19 yang cukup menggembirakan. Jumlahnya kini 150 kasus per hari, ini perlu terus kita tekan," tukasnya. [EFI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.