Dark/Light Mode

Sinergi BUMN Terangi 300 RT Tak Mampu Di Sumenep

Sabtu, 6 April 2019 20:09 WIB
Menteri BUMN Rini M Soemarno menyalakan listrik secaravsinbolis di rumah warga Kalianget, Kabupaten Sumenep, Jawa Timur, Sabtu (6/6). (Foto: Humas BUMN)
Menteri BUMN Rini M Soemarno menyalakan listrik secaravsinbolis di rumah warga Kalianget, Kabupaten Sumenep, Jawa Timur, Sabtu (6/6). (Foto: Humas BUMN)

RM.id  Rakyat Merdeka - Dalam mendorong perbaikan elektrifikasi dan pemenuhan kebutuhan dasar masyarakat, PT PLN memberikan bantuan listrik gratis kepada 300 rumah tangga tidak mampu di Sumenep khususnya, dan Pulau Madura pada umumnya. 

Secara simbolis, Menteri BUMN Rini Soemarno didampingi Direktur Utama PLN, Sofyan Basir melakukan penyalaan langsung di rumah warga Kalianget, Sumenep, Jawa Timur.

Baca juga : Sinergi BUMN Gelar Kegiatan Pangan Murah dan Kelas Kreatif

PLN menargetkan 5.000 kepala keluarga (KK) di Kabupaten Bangkalan, Sampang, Pamekasan, dan Sumenep dapat menikmati aliran listrik pada April 2019.

Dalam program ini, warga memperoleh penyambungan listrik daya 450 VA secara gratis. Daya ini cukup untuk menyalakan televisi, penanak nasi, lampu dan berbagai elektronik lainnya. 

Baca juga : YLKI Minta Tarif MRT Sesuai Kemampuan Bayar Konsumen

“Bantuan sambungan listrik gratis ini diberikan kepada sebagian besar warga, yang kesulitan memperoleh listrik karena kendala finansial. Terima kasih kepada PLN, yang sudah memberikan bantuan ini kepada masyarakat. Tentunya, dalam rangka ulang tahun Kementerian BUMN ke-21. Ini merupakan program yang benar-benar memberikan manfaat nyata kepada masyarakat, ” tutur Menteri Rini.

Sebelumnya, program sambung listrik gratis sinergi BUMN juga telah dilaksanakan di Magetan, pada Februari 2018. Berbagai upaya ini merupakan wujud nyata komitmen PLN, agar listrik dapat dirasakan secara merata oleh seluruh masyarakat Indonesia. 

Baca juga : Boeing Larang Terbang 737 Max 8

Hingga April 2019, total levering (menyalur) dan belum berlistrik di Pulau Madura tercatat sebanyak 285.589 KK. Diharapkan, dengan adanya program ini, masyarakat Madura dapat menikmati listrik secara langsung, dan tidak menyalur kepada warga lainnya.

Melalui program sambung listrik gratis, warga dapat menikmati listrik langsung dari PLN. Warga dapat melakukan penghematan untuk pengeluaran setiap bulannya. Diharapkan, program ini dapat memberikan dampak positif bagi perekonomian warga Sumenep. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.