Dark/Light Mode

Cegah Longsor, Doni Monardo Tanam Ribuan Bibit Pohon Di Desa Giriasih

Jumat, 12 Maret 2021 22:10 WIB
Kepala BNPB, Doni Monardo (tengah)  menanam bibit pohon.sebagai langkah pengurangan risiko bencana, khususnya tanah longsor di Desa Giriasih, Kecamatan Batujajar, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, pada Jumat (12/3). (Foto: Komunikasi Kebencaaan BNPB/Dume Sinaga)
Kepala BNPB, Doni Monardo (tengah) menanam bibit pohon.sebagai langkah pengurangan risiko bencana, khususnya tanah longsor di Desa Giriasih, Kecamatan Batujajar, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, pada Jumat (12/3). (Foto: Komunikasi Kebencaaan BNPB/Dume Sinaga)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Doni Monardo bersama jajaran Pemerintah Kabupaten Bandung Barat, menanam sebanyak 2.265 bibit pohon di Desa Giriasih, Kecamatan Batujajar, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat.

Aksi tanam pohon ini sebagai langkah pengurangan risiko bencana, khususnya tanah longsor. 

Baca juga : Terapkan Prokes Ketat, Doni Monardo Puji Pengelola Masjid Al Irsyad

"Semoga dengan penanaman ini bisa memperkuat struktur tanah dan mengurangi potensi risiko akibat longsor," kata Doni dalam kunjungan kerjanya bersama Komisi VIII DPR dan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan di Desa Giriasih, Kecamatan Batujajar, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, pada Jumat (12/3).

Adapun jenis bibit pohon yang diberikan dan ditanam antara lain pohon kibadak 100 bibit, mahoni 50, manei 50, damar 50, rasamala 15 dan rumput vetiver 2.000. 

Baca juga : Doni Monardo Dan Ace Hasan Pantau Daerah Rawan Longsor Di Bandung Barat

Penanaman pohon ini merupakan strategi pengurangan risiko bencana dengan tujuan memitigasi dan mencegah potensi bahaya tanah longsor di kawasan dengan kemiringan lereng. 

Dalam sambutan, Doni terus mengingatkan pentingnya mitigasi dan pencegahan bencana, salah satunya dengan menanam beberapa vegetasi di daerah rawan longsor. [MFA]
 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.