Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Mendagri: Sinergi BPD Dan Pemda Pulihkan Ekonomi Daerah

Senin, 22 Maret 2021 17:49 WIB
Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian saat memberi arahan pada Bank Pembagunan Daerah di Sumatera Selatan dan Bangka Belitung, dari Jakatrta, Senin (22/3). (Foto: Kemendagri)
Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian saat memberi arahan pada Bank Pembagunan Daerah di Sumatera Selatan dan Bangka Belitung, dari Jakatrta, Senin (22/3). (Foto: Kemendagri)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Dalam Negeri (Mendagr) Muhammad Tito Karnavian berharap, keberadaan Bank Pembangunan Daerah (BPD) dapat membantu pemerintah daerah dalam memulihkan perekonomian akibat pandemi Covid-19.

Tito menilai pandemi telah berdampak ke berbagai sektor, termasuk dalam bidang perekonomian baik di tingkat pusat maupun daerah.

Ia menjelaskan, dampak pandemi terhadap perekonomian daerah itu misalnya, pendapatan asli daerah yang menurun, jumlah nominal transfer dari pemerintah pusat ke daerah berkurang. Hal ini juga membuat peredaran uang di masyarakat menjadi sedikit sehingga daya beli menjadi rendah.

Baca juga : BI Ramal Pertumbuhan Ekonomi Global Meroket

Tito menekankan selain mencari peluang untuk mendapat keuntungan, BPD juga diharapkan dapat membantu berbagai sektor yang terhempas akibat pandemi, tetapi memiliki potensi untuk membayar kredit.

Sektor tersebut misalnya di bidang pariwisata, perhotelan, pusat perbelanjaan, dan bidang lainnya yang mulai kembali tumbuh. “Sektor-sektor tersebut perlu didukung, didorong,” ujar Tito saat memberi arahan terkait kepemilikan saham daerah pada Badan Usaha Milik Daerah (BUMD), pada acara Rapat Umum Pemegang Saham PT Pembangunan Daerah Sumatera Selatan dan Bangka Belitung Tahun Buku 2020, di Hotel Fairmont Jakarta, Senin (22/3).

Lebih lanjut Tito mengatakan dukungan tersebut bergantung pada kecermatan, ketelitian jajaran tinggi BPD dalam membaca berbagai peluang yang ada.

Baca juga : Perhatikan Prosedur Dan Cara Manfaatkan GeNose Di Bandara

Dengan membaca peluang, Tito berharap BPD mendapat dua capaian. Pertama, tetap bertahan dengan mendapat keuntungan. Kedua, bisa membantu pemerintah daerah dalam menghidupkan ekonomi rakyat, terutama usaha mikro kecil menengah (UMKM) di tengah pandemi.

“Jangan sampai mereka hancur. Kalau mereka hancur dana dari pemerintah juga gak mampu untuk membantu mereka, maka ini akan kolaps,” pesan Tito.

Saat ini, Tito mengatakan pemerintah tengah terus berusaha menarik investor agar mau menanamkan modalnya di berbagai sektor yang ada. "Investasi ini sangat penting, karena untuk memulihkan ekonomi tidak mungkin hanya mengandalkan dana pemerintah, baik yang dimiliki pemerintah pusat maupun daerah," pungkas Tito. [DIR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.