Dark/Light Mode

Lambungkan #Aku Ingin Pindah Ke IKN Baru

Fadjroel Disorakin Dan Dikerjain

Minggu, 4 April 2021 07:00 WIB
Juru Bicara Presiden, Fadjroel Rachman. (Foto: ANTARA)
Juru Bicara Presiden, Fadjroel Rachman. (Foto: ANTARA)

RM.id  Rakyat Merdeka - Juru Bicara Presiden, Fadjroel Rachman melambungkan #Aku Ingin Pindah Ke Ibu Kota Negara (IKN) Baru. Warganet pun ikut mengomentarinya. Ada yang nyorakin, ada juga yang kritik.

Fadjroel mengunggah video berjudul “Aku Ingin Pindah ke Ibu Kota Negara (Baru) di Kalimantan Timur!”. Ada dua video yang diupload Fadjroel.

Video pertama soal pengumuman pemenang desain Ibu Kota Negara baru. Video yang berdurasi kurang dari 1 menit ini, memperlihatkan kebahagiaan pemenang desain.

Selain itu terlihat juga Presiden Jokowi didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono sedang melihat maket desain Ibu Kota Negara baru.

Baca juga : Nurhadi Dicuekin KPK, Kasian Deh!

Dalam video itu juga ditampilkan posisi-posisi gedung-gedung pemerintahan di IKN baru. Terlihat banyak ruang terbuka hijaunya. Tidak lupa dia juga memasang #KalimantanIbukotaRI.

Video kedua berdurasi 1.08 menit. Video ini berisi pernyataan dukungan kepala daerah di Kalimantan soal perpindahan IKN.

Di hari yang sama, Presiden Jokowi memposting video desain IKN baru di akun Twitternya. Dalam keterangannya, Jokowi menulis, salah satu usulan pradesain bangunan ikonik di IKN yang baru adalah Istana Negara karya Nyoman Nuarta.

“Saya mengharapkan masukan dari Anda semua tentang pradesain. Saya mengharapkan Istana Negara ini jadi kebanggaan bangsa, sekaligus mencerminkan kemajuan bangsa,” cuit Jokowi.

Baca juga : Lamaran Aurel-Atta Bakal Disiarkan Live Di TV

Warganet terbelah menanggapi ajakan Fadjoel pindah ke IKN baru. Akun @Rahadie6 mengkritik proyek ini. Dia mengaku tak setuju pemindahan IKN di tengah kondisi ekonomi saat ini.

“Dulu, awal perencanaan saya tidak setuju, tapi juga tidak mendukung program ini. Sekarang, tambah tidak setuju. Melihat situasi keadaan ekonomi negara yang sulit seperti sekarang. Dan sudah kebanyakan utang,” ujarnya.

Akun @adi_fuaddi juga mengatakan yang sama. “Mending uangnya di gunakan untuk rakyat daripada pindah Ibu Kota...lebih bijak,” cuitnya. “Seriuss mau pindah ke Kalimantan? Panassnya beda loh sama Jakarta, benar-benar membakaarr kulit,” samber @hde104.

Sementara @yoesoefay mendukung pemindahan IKN ke Kalimantan. “Semoga cepat terealisasi. Indonesia maju dan bermutu,” bebernya. @ikhsansetyahadi juga mendukung. “Sukses Lancar Indonesia makin maju,” cuitnya.

Baca juga : Tak Biarkan AHY Sendirian, Barisan Milenial Demokrat (BMD) Segera Dideklarasikan

Sebelumnya, desain Istana Kepresidenan yang berbentuk seperti burung garuda di IKN baru menjadi sorotan. Desain bangunan yang dirancang oleh pematung kawakan, Nyoman Nuarta itu, tidak lazim ditemui pada bangunan pemerintahan.

Protes itu juga dilayangkan beberapa asosiasi arsitek. Mereka di antaranya dari Asosiasi Profesi Ikan Arsitek Indonesia, Ikatan Arsitek Indonesia, Green Council Indonesia (GBCI), Ikatan Ahli Rancang Kota Indonesia (IARKI), Ikatan Arsitek Lanskap Indonesia (IALI), dan Ikatan Ahli Perencanaan Wilayah dan Kota (IAP). [QAR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.