Dark/Light Mode

Apresiasi Bantuan Pertanian Pemerintah

Orang PKS Ini Doakan Jokowi Terpilih Lagi

Sabtu, 13 April 2019 12:02 WIB
Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman dalam acara Sinkronisasi Program Kementan, di alun-alun Kabupaten Takalar, Sulawesi Selatan, kemarin. (Foto: Dok. Kementan)
Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman dalam acara Sinkronisasi Program Kementan, di alun-alun Kabupaten Takalar, Sulawesi Selatan, kemarin. (Foto: Dok. Kementan)

RM.id  Rakyat Merdeka - Bupati Takalar Syamsari Kitta, yang merupakan PKS, mengapresiasi berbagai program dan bantuan di era pemerintahan Jokowi-JK, khususnya dalam sektor pertanian. Bahkan, dia mendoakan Jokowi untuk kembali menjadi presiden pada periode berikutnya.

Apresiasi dan doa ini tidak lepas dari kepedulian pemerintahan Jokowi ke Takalar. Bantuan pertanian dari pemerintah ke Takalar mencapai puluhan miliar rupiah, baik dalam bentuk saluran irigasi, jalan usaha tani, alat mesin pertanian. Tahun lalu, ada bantuan program Bekerja untuk 2.500 kepala keluarga miskin tani. 

"Kita menantikan kedatangan Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman sudah lama. Karena banyak bantuan yang digelontorkan kepada petani Takalar beberapa tahun ini. Hari ini pun kembali beliau berikan bantuan Rp 33 miliar," kata Syamsari pada acara Pertemuan Apresiasi dan Singkronisasi Program Kementerian Pertanian (Kementan) 2019, di Alun-Alun Kabupaten Takalar, Sulawesi Selatan, Jumat (12/4). 

Amran Sulaiman hadir di acara itu guna memberikan langsung bantuan kepada petani. Pertemuan ini dihadiri lebih dari 30 ribu petani dan santri dari enam kabupatan yakni Takalar, Gowa, Bantaeng, Bulukumba, Sinjai, dan Selayar.

Baca juga : BGR Bantu Pemerintah Validkan Data Logistik

Syamsari menuturkan, bersama segenap bupati yang hadir yakni Jeneponto, Bulukumba, Bantaeng, Sinjai, Gowa, dan Selayar menyampaikan terima kasih kepada Jokowi yang telah banyak membantu petani di daerah merekam Tahun lalu juga dikucurkan dana desa Rp 134 miliar dan rata-rata untuk enam kabupaten. Total bantuan hampir Rp 1 triliun. 

"Bantuan semuanya dirasakan petani. Jalan tani sudah tidak becek lagi. Ini bukti nyata Presiden Jokowi sangat memerhatikan petani," akunya.

Khusus Kabupaten Takalar, yang mengusung program satu sapi satu kepala keluarga, kata Syamsari, pada 2018 telah bersinergi dengan APBD. Untuk Desa, sudah diadakan 500 ekor sapi. Tahun ini pengadaan sapi sebanyak 3.000 ekor. Ini adalah bukti dari keberpihakan pemerintahan yang dipimpin Jokowi.

"Kami mau menyampaikan harapan agar ada tambahan bantuan dari Kementerian Pertanian, sehingga program sapi ini selesai tahun depan. Kami yakin kehadiran Bapak Menteri Pertanian mendukung program ini," ujar Syamsari.

Baca juga : Jokowi Punya Pengalaman Prabowo Punya Masa Lalu

Dalam sambutannya, Amran mengatakan, total bantuan pertanian di era pemerintahan Jokowi-Jk sejak 2014 hingga 2019 untuk Sulawesi Selatan mencapai Rp 15,7 triliun. Terdiri dari bantuan untuk Kabupaten Takalar Rp 375,3 miliar, Gowa Rp 780,2 miliar, Jeneponto Rp 455,7 miliar, Bantaeng Rp 249,8 miliar, Bulukumba Rp 509,3 miliar, Sinjai Rp 335,8 miliar, dan Kabupaten Selayar Rp 440,3 miliar.

"Bantuan hari ini untuk Takalar sebesar Rp 33 miliar. Berupa ayam 165 ribu ekor gratis kandang, vaksin dan pakan selama 6 bulan, bibit kelapa 5 ribu batang, kambing, sapi, benih sayuran, bibit mangga, benih padi, jagung dan alat mesin pertanian. Bantuan ini diberikan Bapak Presiden Jokowi kepada petani. Bantuan kami bawa terbanyak sepanjang sejarah," bebernya.

Khusus bantuan alat mesin pertanian, sambung Amran, total bantuan 2015 hingga 2018 untuk Sulawesi Selatan sebanyak 25.410 unit. Nilainya Rp 920,6 miliar. Di Takalar, bantuan alat mesin pertanian yang digelontorkan mencapai 1.986 unit. Nilainya Rp 49 miliar. "Di awal pemerintahan Jokowi-JK telah dialokasikan anggaran Rp 3 triliun untuk pembangunan tiga bendungan di Jeneponto, Sidrap dan Luwu," terangnya.

Amran menegaskan, pertanian Selawesi Selatan hingga saat ini semakin tumbuh dan petani mendapatkan harga yang tinggi. Pasalnya ekspor komoditas pertanian dari Sulawesi Selatan sudah langsung ke China dan Eropa. Tidak lagi transit di Lampung dan Surabaya. Secara nasional, ekspor pertanian hingga saat ini melonjak 26 persen, nilainya Rp 1.700 triliun. 

Baca juga : Bukan KPK, Yang Ditakutin Dewan Itu Tak Kepilih Lagi

"Baru-baru ini kita ekspor dari Sulawesi Selatan senilai Rp 800 miliar. Ke depan, volume ekspor terus kita tingkatkan," tegasnya.

Mengingat Kabupaten Takalar, Gowa, Jeneponto dan Bantaeng merupakan lumbung Jagung, Kementan juga berencana membangun pabrik pakan. Amran pun bangga kepada petani di daerah ini yang mengoptimalkan lahan tadah hujan hingga gunung untuk ditanami jagung.

"Ini berkat kebijakan yang tepat sehingga membuat petani semangat tanam jagung. Mimpi besar kami karena di sini daerah jagung, kita bangun pabrik pakan. Perintah Bapak Presiden, harga jagung minimal Rp 3.150 per kiligram, sehingga petani dipastikan sejahtera," ujarnya.

"Hasilnya, dulu kita impor jagung 3,5 juta ton, nilainya Rp 10 triliun. Tapi hari kita sudah membalikkan keadaan dari impor menjadi ekspor. Kita sudah menyetop impor dari Amerika dan Argentina," tambah Amran. [KAL]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.