Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

BPIP: JPM Memperkuat Pembumian Pancasila

Senin, 12 April 2021 19:03 WIB
Plt. Deputi Sosialisasi, Komunikasi, dan Jaringan BPIP, Adji Samekto. (Foto: ist)
Plt. Deputi Sosialisasi, Komunikasi, dan Jaringan BPIP, Adji Samekto. (Foto: ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) membuka diskusi terpumpun 'Penguatan Jejaring Panca Mandala (JPM)' di Wisma MM, Kampus UGM Yogyakarta, Minggu (11/4).

Diskusi lanjutan selama tiga hari tersebut membahas optimalisasi JPM di Lampung, Sumatera Selatan, Banten, Yogyakarta, dan Jawa Tengah. 

Dalam sambutannya, Plt. Deputi Sosialisasi, Komunikasi, dan Jaringan BPIP, Adji Samekto mengingatkan fungsi JPM. Yakni mitra BPIP dalam berkumpul, berbagi pengalaman, dan berkoordinasi di daerah. 

Baca juga : Menpora : Pemuda Harus Ciptakan Pekerjaan, Bukan Cari Kerja

"Terutama dalam menjaga dan mengembangkan pemahaman ideologi Pancasila. JPM jadi wadah koordinasi dalam pembinaan," tandas Adji. 

Senada, Direktur Hubungan Antar Lembaga dan Kerjasama BPIP Elfrida Herawati menegaskan peran kuat JPM dalam pembumian Pancasila. 

“Ada lima daerah yang sudah deklarasi, dan segera terbentuk di daerah lain. Di Sumatera ada dua, lalu Banten, Yogya, dan Jawa Tengah,” ungkap Elfrida.

Baca juga : Bamsoet: Tak Ada Pelanggaran HAM Dalam Pembangunan Mandalika

“Kita berharap, jejaring ini wadah berkumpul, berbagi tips, koordinasi, kerja sama menjaga harmoni sosial, terkait pembinaan ideologi Pancasila. Apa yang sebelumnya tidak tampak karena bekerja sendiri-sendiri, setelah berjejaring menjadi pengalaman nyata dalam pemecahan problem sosial,” lanjutnya.

Elfrida menambahkan peran penting lain. “JPM merangkul lima unsur. Yakni organisasi kemasyarakatan, media massa, swasta atau dunia usaha, akademisi, dan pemerintah daerah. Saya meyakini, Sumatera Selatan mampu mengemban misi BPIP untuk membumikan Pancasila,” tuturnya. 

Sementara itu, Ketua Pembina Adat Sumsel Albar Sentosa Subari berharap pihaknya senantiasa mendapat informasi dan aspirasi masyarakat. Juga meminta BPIP menetapkan rencana berupa program di masa datang.

Baca juga : Ini Jurus BI Percepat Ekonomi Dan Keuangan Digital

"Diharapkan pula memancing gagasan mengamalkan nilai-nilai Pancasila dan sinkronisasi peraturan perundang-undangan dengan sumber hukum tidak lain adalah Pancasila," tutur Albar yang diamini beberapa peserta diskusi lain. [GO]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.