Dark/Light Mode

Dukung Vaksin Terawan

Ical Cs, Dengerin Kata BPOM Ya..!

Kamis, 15 April 2021 07:20 WIB
Ketua Dewan Pembina Partai Golkar, Aburizal Bakrie alias Ical menunjukkan sebuah plastik transparan usai disuntik vaksin Nusantara. Sedangkan mantan Sekretaris Kabinet Sudi Silalahi baru diambil darah untuk uji vaksin Nusantara di RSPAD, Jakarta. Penyuntikan Ical dan pengambilan darah Sudi ini beredar dalam bentuk video di medsos, Rabu (14/4/2021). (Foto: Istimewa)
Ketua Dewan Pembina Partai Golkar, Aburizal Bakrie alias Ical menunjukkan sebuah plastik transparan usai disuntik vaksin Nusantara. Sedangkan mantan Sekretaris Kabinet Sudi Silalahi baru diambil darah untuk uji vaksin Nusantara di RSPAD, Jakarta. Penyuntikan Ical dan pengambilan darah Sudi ini beredar dalam bentuk video di medsos, Rabu (14/4/2021). (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Vaksin Covid-19 buatan eks Menteri Kesehatan (Menkes) Terawan Agus Putranto sama sekali belum mendapat lampu hijau dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), namun tokoh sekaliber Aburizal Bakrie sampai beberapa anggota DPR, menganggap lain vaksin yang dinamai vaksin Nusantara tersebut. Tak ingin terjadi hal-hal yang membahayakan, BPOM kembali kasih penjelasan. Pak Ical Cs, tolong disimak baik-baik ya!

Video Aburizal Bakrie habis disuntik vaksin Nusantara beredar di medsos, Selasa (13/4). Dalam video berdurasi 9 detik itu, Ical -sapaan- Aburizal Bakrie, mengenakan kemeja biru lengan pendek dengan celana panjang berwarna krem.

Sambil duduk, Ical menunjukkan sebuah plastik transparan. Di dalamnya terdapat vaksin nusantara. “Ini vaksin Nusantara, saya pertama kali, Insya Allah berhasil,” kata Ical dalam video tersebut.

Baca juga : Ingat, Merawat Papua Sama Dengan Merawat NKRI

Jubir Ical, Lalu Mara Satriawangsa membenarkan video yang beredar. Menurut dia, Ical memilih menggunakan vaksin Nusantara karena percaya pada kemampuan Terawan dan mendukung pengembangan vaksin dalam negeri. Di hari yang sama, beredar juga video Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, Sudi Silalahi yang memamerkan vaksin Nusantara.

Dalam video berdurasi 6 detik itu, Sudi mengenakan kemeja corak lengan pendek dengan celana berwarna gelap. Hampir sama dengan Ical, dia juga memamerkan vaksin Nusantara.

Sudi belum disuntik vaksin. Dia baru menjalani pengambilan darah di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto, Jakarta. Darah tersebut diberi antigen. Lalu disimpan di laboratorium selama dua minggu agar tercipta antibodi di darah tersebut.

Baca juga : Perpusnas Jalin Kerja Sama Dengan Perpustakaan Kazakhstan

Setelah muncul antibodi, darah tersebut akan dimasukkan kembali ke tubuh Sudi. “Saya tadi diberi tahu untuk datang lagi tanggal 28 April,” beber Sudi.

Pada hari yang sama, Wakil Ketua Komisi IX DPR, Melki Laka Lena mengatakan, sejumlah anggota DPR akan disuntik vaksin buatan Terawan di RSPAD Gatot Soebroto. Menurut dia, hal itu merupakan bentuk dukungan terhadap vaksin dalam negeri.

Nah, kemarin beberapa anggota DPR terlihat datang ke RSPAD Gatot Soebroto. Mereka siap menjadi sukarelawan uji klinis tahap II vaksin Terawan. Ada Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad, Ketua Fraksi PAN DPR Saleh Partaonan Daulay, hingga Anggota DPR Fraksi PDIP Adian Napitupulu. Selain mereka hadir juga eks Panglima TNI, Jenderal (Purn) Gatot Nurmantyo.

Baca juga : Menterinya Jokowi Satu Suara Sama PDI Perjuangan

Kepada wartawan, Dasco mengaku, ada 40 orang dari berbagai kalangan, termasuk anggota DPR dari Komisi IX, yang diambil sampel darahnya untuk divaksin Nusantara. Namun, dia tak memerinci siapa saja yang hadir.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.