Dark/Light Mode

Lahan Terbatas, PUPR Bangun Rusun Mini Ponpes Di NTB

Selasa, 20 April 2021 22:55 WIB
Maket pembangunan rusun minim ponpes di NTB.
Maket pembangunan rusun minim ponpes di NTB.

RM.id  Rakyat Merdeka - Pemerintah terus mendorong pembangunan Rumah Susun (Rusun) untuk mendukung pendidikan bagi generasi muda di Indonesia, termasuk para santri di pondok pesantren (Ponpes). 

Kali ini, Kementerian PUPR melakukan inovasi dengan membangun rusun mini dengan spesifikasi ruangan yang memadai. 

“Dengan dibangunnya rusun tersebut, diharapkan bisa membantu mahasiswa untuk mendapatkan hunian yang layak selama proses belajar mengajar sehingga diharapkan akan mencetak SDM yang unggul dan berakhlak mulia,” kata Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono, Selasa (20/4) 

Baca juga : Gandeng Dompet Dhuafa, PTTEP Salurkan Bantuan Untuk Korban Bencana Di NTT

Direktur Jenderal Perumahan Kementerian PUPR, Khalawi Abdul Hamid menyatakan, akan terus membantu peningkatan kualitas pendidikan di Ponpes dengan menyediakan hunian layak huni bagi para santri berupa rumah susun. 

"Ponpes yang memiliki keterbatasan lahan, kami bantu dengan pembangunan rumah susun tipe mini,” ujar Khalawi.

Salah satu pondok pesantren yang mendapatkan bantuan pembangunan Rusun tipe mini oleh pemerintah adalah Ponpes Usman Bin Affan yang  berlokasi di desa Manggeasi, Kecamatan Dompu, Kabupaten Dompu, Nusa Tenggara Barat. 

Baca juga : Dibantu TNI, PUPR Bangun Enam Jembatan Di NTT Dan NTB

Ia menjelaskan, pembangunan rusun untuk para santri di Ponpes Usman Bin Affan NTB ini merupakan hunian vertikal yang di desain khusus berukuran mini. Rusun ini dibangun dengan tipe barak mini setinggi dua lantai yang memiliki empat unit barak.

Luas bangunan bangunan rusun secara keseluruhan hanya 537 meter persegi. Anggaran pembangunan rusun ini sebesar Rp 3,4 miliar. 

Adapun fasilitas yang dimiliki yakni sebanyak empat unit barak yang dilengkapi dengan 42 unit tempat tidur susun dan 42 lemari pakaian serta empat kamar mandi komunal yang bersih untuk 84 santri.

Baca juga : Target Yasonna, Bangun 3 Lapas Maximum Security Di NK

Ketua Yayasan Ponpes Usman Bin Affan, Ustad Samsudin mengucapkan terima kasih banyak kepada Kementerian PUPR karena harapannya setelah bertahun tahun terkabulkan dengan dibangunnya Rusun bagi para santrinya.

“Kepada pemerintah pusat dan pemerintah daerah kami dari hati yang paling dalam mengucapkan banyak terima kasih, semoga kebaikan bapak ibu menjadi ladang amal kebaikan diakhirat kelak,” katanya. [MFA]
 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.