Dark/Light Mode

Layanan Terbaik, Bank DKI Raih Predikat AA- Dari Pefindo

Rabu, 3 Maret 2021 20:05 WIB
Layanan Bank DKI semakin mudah digunakan nasabah di masa pandemi.
Layanan Bank DKI semakin mudah digunakan nasabah di masa pandemi.

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo) pertahankan peringkat rating Bank DKI di AA- dengan kinerja terbaik.

Peringkat tersebut, mencerminkan dukungan yang kuat dari Pemerintah Provinsi Jakarta (Pemprov DKI) sebagai pemegang saham pengendali, struktur permodalan yang kuat dan perkembangan bisnis bagi Bank Pembangunan Daerah Khusus Ibu kota Jakarta. 

Dalam keterangan tertulisnya, Sekretaris Perusahaan Bank DKI, Herry Djufraini menyampaikan apresiasi atas kepercayaan yang diberikan Pefindo atas rating yang diberikan kepada Bank DKI. 

“Rating yang diberikan Pefindo merupakan tanda yang baik atas pencapaian kinerjanya serta meningkatkan kepercayaan masyarakat dalam menggunakan berbagai produk dan layanan Bank DKI,” ujar Herry, Rabu (3/2) . 
 
Tercatat, sampai dengan Desember 2020, aset Bank DKI mengalami pertumbuhan sebesar 13,3% menjadi Rp 63,01 triliun dibandingkan periode sebelumnya sebesar Rp 55,60 triliun. 

Baca juga : Prestasi Di Tengah Pandemi, Tiga Bandara Angkasa Pura I Raih Penghargaan Di Kanada

Peningkatan kinerja tersebut, didukung dengan kualitas aset yang terjaga dengan baik, di mana per Desember 2020, rasio NPL gross tercatat sebesar 2,98%. 

Profil permodalan tersebut, diharapkan dapat menjadi bantalan yang kuat apabila terdapat potensi penurunan kualitas aset, terutama sektor-sektor yang sangat terpengaruh oleh pandemi Covid-19, seperti konstruksi, perdagangan, manufaktur, transportasi, dan pertambangan.

Transformasi Digital

Sedangkan dari sisi bisnis, Bank Pembangunan Daerah Khusus Ibu kota Jakarta ini terus melakukan transformasi perbankan digital melalui berbagai fitur baru JakOne Mobile. 

Baca juga : Adira Finance Lakukan Inovasi ‘Cicil Dari Mesin’

Layanan ini memberikan kemudahkan kepada masyarakat untuk bertransaksi, di antaranya kemudahan membuka deposito secara online serta tarik tunai tanpa kartu di ATM Bank DKI. 

Herry memastikan, bahwa nasabah dapat dengan mudah melakukan transaksi perbankan dimanapun dan kapanpun melalui aplikasi JakOne Mobile. 

Terbaru, aplikasi JakOne Mobile ini dapat memudahkan pengguna untuk melakukan pembayaran transaksi non-tunai melalui CPM (Customer Presented Mode). 

"Pengguna hanya perlu menunjukkan QRIS dari JakOne Mobile kepada merchant untuk bertransaksi," terangnya. 

Baca juga : Lawan Praktik Mafia Hukum, Muannas Akan Deklarasikan Komnas PMH

JakOne Mobile juga dapat dipergunakan untuk pembayaran pajak daerah, seperti PBB, Pajak Kendaraan Bermotor hingga retribusi.

Selain JakOne Mobile, Bank DKI juga memiliki produk e-money berbasis kartu, yakni JakCard dan JakLingko.Kartu prabayar yang diterbitkan oleh Bank DKI selama ini sudah dipergunakan secara luas sebagai e-ticket berbagai moda transportasi layanan publik, seperti TransJakarta, Mikro Trans, Angkot JakLingko, MRT Jakarta, LRT Jakarta, hingga kereta bandara/Railink. 

“Saat ini, JakCard juga dapat dipergunakan untuk pembayaran akses masuk jalan tol dalam kota,” tambah Herry. 

JakCard dan JakLingko juga menjadi alat pembayaran utama di berbagai Kawasan Wisata yang dimiliki Pemprov DKI Jakarta, seperti Taman Margasatwa Ragunan, 
Monas, Planetarium dan berbagai museum di DKI Jakarta. JakCard dan JakLingko Bank DKI juga dapat dipergunakan untuk memasuki kawasan wisata Ancol. [MFA]
 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.