Dark/Light Mode

Hari Otonomi Daerah, Kemendagri Luncurkan 3 Aplikasi Teranyar

Senin, 26 April 2021 21:49 WIB
Kemendagri meluncurkan tiga aplikasi layanan terbaru dalam peringatan Hari Otonomi Daerah ke-25, yang digelar Senin (26/4). (Foto: Kemendagri)
Kemendagri meluncurkan tiga aplikasi layanan terbaru dalam peringatan Hari Otonomi Daerah ke-25, yang digelar Senin (26/4). (Foto: Kemendagri)

 Sebelumnya 
"Kami mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Bapak Wapres KH Ma'ruf Amin. Ditengah kesibukan, Bapak telah berkenan untuk hadir dan akan memberikan pengarahan, serta sekaligus membuka secara resmi peringatan Hari Otonomi Daerah ke-25 Tahun 2021," ujar Tito.

Baca juga : Dukung Ekonomi Syariah, Pegadaian Serahkan Aplikasi SIPKu

Pada acara ini, Mendagri yang didampingi Direktur Jenderal Otonomi Daerah, Akmal Malik juga berkesempatan meresmikan tiga sistem aplikasi layanan yang dibangun Kemendagri. Sistem aplikasi tersebut di antaranya Sistem Informasi Mutasi Daerah (Simudah), Sistem Elektronik Peraturan Daerah (e-Perda), dan Sistem Informasi Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (Si-LPPD).

Baca juga : Gandeng Nagita Slavina, Brand Lokal ROUNN Luncurkan Gigi Tote Bag

Tito mengatakan, ketiga sistem tersebut merupakan terobosan dari Direktorat Jenderal Otonomi Daerah untuk mengakomodasi urusan pemerintah daerah.

Baca juga : Stakeholder Jalin Kerja Sama Luncurkan Buku Literasi Tata Kelola Sampah

Ia menjelaskan, misalnya bagaimana aplikasi Simudah dapat membantu aparatur sipil negara (ASN) pemerintah daerah dalam mengurus mutasi. "Dengan Simudah ASN yang bersangkutan cukup mengunggah berkas persyaratan ke dalam sistem, tanpa perlu datang ke kantor Kemendagri," pungkasnya. [DIR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.