Dark/Light Mode

Mulai 4 Mei Singapore Airlines Mulai Terbang Ke Bali

Pemerintah Sodorin Syarat Ketat WNA Masuk Wilayah RI

Selasa, 27 April 2021 14:58 WIB
Ilustrasi (Fpto: Ist)
Ilustrasi (Fpto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Meenteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno bilang, maskapai Singapore Airlines (SIA) akan membuka penerbangan kembali ke Bandara Ngurah Rai, Bali. "Singapore Airlines sudah memberitahu akan mulai melayani penerbangan ke Bali. Insya Allah akan dibuka 4 Mei," kata Sandiaga dalam Weekly Briefing Media, Selasa (27/4). 

Kendati begitu, pemerintah tetap mengajukan syarat ketat bagi WNA yang ingin masuk ke wilayah Indonesia. Yaitu, harus memenuhi persyaratan seperti yang memiliki visa, KITAS atau Kartu Izin Tinggal Terbatas, KITAP atau Kartu Izin Tinggal Tetap. Serta membawa surat keterangan tes PCR negatif yang masih berlaku. 

Baca juga : Asal Penuhi Syarat, 5 Kriteria Ini Boleh Lakukan Perjalanan

Penerbangan ke Bali tersebut, sambung Sandiaga, sebagai persiapan pembukaan koridor perjalanan atau Travel Corridor Arrangement (TCA). "Saya melihat Singapore Airlines mengantisipasi ini karena akan banyak kunjungan persiapan travel corridor. Makanya mereka ambil kebijakan memulai penerbangan reguler pada 4 Mei," ucap Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta itu. 

Karena itu Sandiaga meminta para pelaku usaha sektor pariwisata dan ekonomi kreatif mulai berbenah dan menyiapkan diri menerima kunjungan turis asing di Bali. "Ini harus menjadi sinyal agar persiapan pelaku sektor pariwisata dan ekraf di Bali terus didorong dan dimantapkan. Sehingga wisatawan asing mendapat kualitas (liburan) dan memperpanjang lama kunjungan," pungkas Sandiaga. 

Baca juga : Waspadai Corona Dan Mutasi, Pemerintah Terus Batasi WNA Masuk Indonesia

Seperti diketahui, Pemerintah Provinsi Bali menentukan tiga wilayah sebagai percontohan atau pilot project dalam pembukaan wisata yang masuk zona hijau, yakni Ubud di Kabupaten Gianyar, Sanur di Kota Denpasar, dan Nusa Dua di Kabupaten Badung. Warga di daerah tersebut diharuskan vaksinasi untuk menekan penularan covid-19 selama pembukaan koridor perjalanana yang direncanakan pada Juni atau Juli mendatang. [EFI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.