Dark/Light Mode

Peringati May Day

Buruh Dikasih Kado Vaksin

Senin, 3 Mei 2021 07:37 WIB
Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Muhadjir Effendy (Foto: Istimewa)
Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Muhadjir Effendy (Foto: Istimewa)

 Sebelumnya 
Secara terpisah, Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah menyatakan, program vaksinasi bagi pekerja merupakan momentum kegiatan positif dalam perayaan May Day. Para pekerja membutuhkan vaksin, agar dalam menjalankan tugasnya lebih terlindungi. Perlindungan pekerja dari ancaman Covid-19 juga harus menjadi perhatian para pelaku usaha.

Program vaksinasi untuk pekerja ini tidak sendirian dijalankan Kemenaker. Melainkan bersama Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta, Kamar Dagang dan Industri Indonesia (KADIN) dan Asosiasi Pengusaha Indonesia (APINDO) Jakarta. Dalam pembukaan program ini, total ada 200 pekerja disuntik vaksin.

Baca juga : Aksi May Day, Buruh Patuhi Prokes, Bawa Hasil Tes Antigen

Ida menegaskan, pelaksanaan vaksinasi yang dilakukan ini merupakan awal dari rangkaian kegiatan yang akan dilakukan oleh Kemenaker. Nantinya, Kemnaker juga akan memberikan vaksin bagi 800 pekerja/ buruh yang akan dilaksanakan di Kantor Kemenaker, Jakarta.

Dia berharap, adanya vaksinasi Covid-19 bagi pekerja industri maupun sektor pelayanan publik di wilayah Jakarta, para pekerja dapat lebih terlindungi. “Sekaligus menekan semaksimal mungkin penyebaran Covid-19 di lingkungan kerja. Semoga pekerja bisa beraktivas kembali secara normal dan sehat walafiat,” harapnya.

Baca juga : Sambut Mayday, Buruh Apresiasi Pemulihan Ekonomi Nasional

Dalam kesempatan yang sama, Wagub DKI Jakarta Riza Patria, menyampaikan dukungannya terhadap program vaksin untuk buruh ini. “Ada peningkatan kasus pada klaster perkantoran. Ini menuntut kita untuk lebih melindungi pekerja/buruh, terutama di sektor pelayanan publik,” tuturnya.

Melalui vaksinasi bertema “May Day: Recover Together” itu, Riza mengajak seluruh pemangku kepentingan dunia usaha dan pekerja di DKI Jakarta, untuk bersama-sama bangkit memulihkan perekonomian dan tetap memperhatikan protokol kesehatan yang berlaku.

Baca juga : Hingga Akhir April, 7 Ribu Karyawan Angkasa Pura I Sudah Divaksin

Dia menilai, pemberian vaksin merupakan salah satu upaya yang efektif untuk mengatasi pandemi. Riza berharap, vaksinasi bisa memberikan dampak yang baik untuk proses pemulihan kondisi ekonomi. “Harapannya program ini percepat mengembalikan produktivitas kerja yang aman dan sehat untuk semua,” tandasnya. [JAR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.