Dark/Light Mode

Kata Menkes, Kasus Varian Baru Corona Banyak di Sumatera

Minggu, 9 Mei 2021 16:34 WIB
Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin. (Foto: Youtube)
Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin. (Foto: Youtube)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kasus mutasi Covid-19 banyak ditemukan di Pulau Sumatera, terutama di Palembang, Sumatera Selatan. Karena itulah, pemerintah memperketat arus warga di Pelabuhan Merak-Bakauheni yang merupakan pintu keluar masuk pulau Jawa-Pulau Sumatera untuk mengantisipasi penularan kasus varian baru tersebut. 

"Bapak-Ibu, mutasi virus baru itu banyak kita identifikasi di Sumatera. Salah satu masuknya di Palembang," ujar Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin di Dermaga Eksekutif Merak, Kota Cilegon, Banten, Minggu (9/5).

Berita Terkait : Mendag Puas Harga Bapok Di Sumut Stabil Dan Terjangkau

Budi meminta pihak pelabuhan mewaspadai para calon penumpang yang menuju Sumatera, maupun sebaliknya. Dia meminta para penumpang yang datang, khususnya dari Sumatera, dites.

"Bapak ibu harus betul-betul menjaga. Orang yang balik lagi dari Sumatera, yang masuk sini, itu kalau bisa di swab antigen, supaya kita bisa tahu. Jangan sampai pergerakan itu meningkatkan laju penularan," tegasnya.

Berita Terkait : 207 Kasus Varian Baru India Kini Terdeteksi Di Inggris

Mantan Direktur Utama PT Inalum (Persero) ini mengingatkan masyarakat agar selalu mematuhi protokol kesehatan, yang mencakup memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak (3M). "Jangan bosan-bosan mengingatkan penumpang untuk memakai masker," imbau Menkes. [OKT]