Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Ingatkan Displin Prokes, Mendagri: Jangan Sampai Ada Klaster Kerumunan

Minggu, 9 Mei 2021 23:14 WIB
Mendagri Tito Karnavian. (Foto: Ist)
Mendagri Tito Karnavian. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian mengingatkan, jangan sampai ada klaster baru penularan Covid-19 dari kegiatan keagamaan dan ekonomi.

Hal itu disampaikannya usai meninjau kawasan KEK Galang Batang PT. Bintan Aluminia Indonesia (BAI), Bintan, Kepulauan Riau, Minggu (9/5). 

Baca juga : Awas, Ekonomi Nyungsep

“Jangan sampai kita lengah, terutama dari klaster-klaster kerumunan karena kegiatan-kegiatan. Baik kegiatan yang ekonomi maupun kegiatan keagamaan, pasar, kemudian numpuk mau belanja pakaian lebaran," ujar Tito.

Mendagri kembali menekankan agar masyarakat tak lengah terhadap protokol kesehatan pada bulan Ramadan dan menjelang Hari Raya Idul Fitri.

Baca juga : SIM Keliling Polda Metro, Hari Ini Buka Sampai Pukul 12 Siang

Sebab, berkaca pada data sebelumnya, terdapat tren kenaikan kasus pada hari raya keagamaan, seperti Hari Raya Idul Fitri dan perayaan Natal pada tahun 2020 dan Tahun Baru 2021.

"Ada beberapa daerah ada klaster tarawih, masuk ke masjid tanpa masker, (jarak) rapat. Ini bukan soal agamanya, ini soal masalah protokol kesehatannya. Tolong ya titik tekannya seperti itu," imbau mantan Kapolri ini.

Baca juga : Kementan Pastikan Stok Pangan Hewani Aman Jelang Lebaran

Tito pun berpesan agar seluruh elemen masyarakat mampu menjaga protokol kesehatan dalam situasi apapun. Termasuk, para pejabat negara dan Aparatur Sipil Negara (ASN).

Mendagri meminta mereka tak melakukan kegiatan open house. Dengan begitu, ledakan kasus Covid-19 seperti di India dan beberapa negara lainnya tidak terjadi di Tanah Air. [DIR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.