Dark/Light Mode

Mulai Juni, Vaksinasi Digenjot Sejuta Per Hari

Senin, 10 Mei 2021 22:47 WIB
Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin. (Foto: Youtube Sekretariat Presiden)
Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin. (Foto: Youtube Sekretariat Presiden)

RM.id  Rakyat Merdeka - Stok vaksin Covid-19 beserta kapasitas vaksinasinya secara bertahap akan kembali meningkat dalam waktu dekat. Karena itu, Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin meminta Pemerintah Daerah (Pemda) bersiap untuk kembali mengintensifkan jalannya program vaksinasi massal bagi warganya.

"Pesan saya ke seluruh aparat di daerah, kita mulai genjot lagi karena stok vaksinnya sudah cukup. Kalau bisa kita menyentuh 1 juta per bulan di bulan Juni karena kapasitas vaksin kita sekarang sudah cukup," ujar Budi usai rapat terbatas bersama Presiden Jokowi, di Kantor Presiden, Jakarta, Senin (10/5).

Baca juga : 4 Terminal Catat Lonjakan Jumlah Penumpang

Diungkapkan eks Direktur Utama PT Inalum itu, pada 26 Maret lalu jumlah vaksinasi Covid-19 yang dilakukan Indonesia telah mencapai 10 juta vaksinasi.

Kemudian, pada 30 April, vaksinasi yang telah dilakukan telah menembus angka 20 juta. Vaksinasi yang dilakukan sepanjang April, memang sedikit mengalami penurunan akibat ketersediaan stok vaksin yang terbatas.

Baca juga : Menaker Ida : Program Vaksinasi Perkuat Kesehatan Dan Melindungi Pekerja

"Namun, saat ini, stok vaksin tersebut dipastikan akan kembali meningkat seiring dengan kedatangan sejumlah stok vaksin ke Indonesia dalam beberapa waktu terakhir," tuturnya.

Untuk vaksinasi terhadap kelompok lanjut usia (lansia),ada tiga provinsi dengan laju tercepat. Ketiganya yakni Provinsi DKI Jakarta, Bali, dan Yogyakarta.

Baca juga : Bulan Depan, Rossi Disebut Bakal Pensiun

Pemerintah juga akan memberikan alokasi vaksin tambahan bagi ketiga provinsi tersebut agar dapat segera menyelesaikan tahapan vaksinasi yang diprioritaskan bagi lansia untuk dapat berlanjut ke tahap berikut, yakni bagi masyarakat umum.

"Mudah-mudahan ini menjadi motivasi untuk provinsi-provinsi lain untuk menyelesaikan suntikan bagi lansia," tandas Budi. [JAR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.