Dark/Light Mode

Jadikan Desa Lokomotif Pembangunan, Ini Tiga Fokus Sandiaga

Sabtu, 15 Mei 2021 07:23 WIB
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno. (Foto: Instagram @sandiuno)
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno. (Foto: Instagram @sandiuno)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) tengah fokus membangun desa wisata sebagai lokomotif pembangunan Indonesia. Ada tiga pendekatan yang disebut 3C dilakukan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno, agar program unggulan ini berjalan optimal dan menghadirkan lapangan kerja seluas-luasnya.

C yang pertama, adalah Commitment. Sandiaga mengatakan, Kemenparekraf memiliki komitmen menetapkan desa wisata sebagai program unggulan dan andalan yang diusung kementerian. Dengan begitu diharapkan timbul kedisiplinan kelembagaan dalam melaksanakan program unggulan ini.

Baca juga : FIFGroup Bagikan Bingkisan Lebaran Untuk Warga Dan Mitra

"Saya harapkan ini ada kedisiplinan kelembagaan. Ada tata kelola kelembagaan. Jika saya nggak ada lagi di Kemenparekraf, program ini bisa jalan terus. Jangan ada ganti pemimpin lalu ganti program, kita harus konsisten," kata Sandi dalam keterangannya, Sabtu (15/5).

C yang kedua, lanjut Sandiaga, perlu dibangun Competence. Harus ada sistem yang menjadikan program desa wisata tetap berjalan.

Baca juga : PGN Pastikan Pembangunan Infrastruktur Gas Sesuai Jadwal

"Jadi bukan karena didorong oleh seseorang atau dua orang. Nggak boleh hanya Superman tapi harus ada Superteam," imbuh Sandi.

C yang ketiga, harus ada Champion. Sandiaga yang juga akrab disapa Mas Menteri ini mengatakan, tiap-tiap desa wisata harus keluar sebagai pemenang pandemi.

Baca juga : Jelaskan Pernyataan Jokowi Soal Bipang Ambawang, Mendag Minta Maaf

"Pemenangnya ini yang kita pilih masing-masing. Di desa itu punya pemenang sendiri. Dan saya yakin kerja kita bersama, mudah-mudahan bisa hadirkan pemulihan ekonomi, kebangkitan pariwisata, dan pembukaan lapangan kerja. Yang terpenting program pemerintah yang tepat sasaran, tepat manfaat, dan tepat waktu," kata Sandi. [UMM]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.