Dark/Light Mode

Cek Antigen Di Karawang, BKS: Arus Balik Masih di Bawah 60 Persen

Minggu, 16 Mei 2021 21:28 WIB
Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi bersama Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mengecek pelaksanaan rapid test antigen secara acak bagi pengendara sepeda motor dalam arus balik di Posko UPPKB Balonggandu, Karawang, Jawa Barat, Minggu (16/5).  (Foto: BKIP Kemenhub)
Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi bersama Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mengecek pelaksanaan rapid test antigen secara acak bagi pengendara sepeda motor dalam arus balik di Posko UPPKB Balonggandu, Karawang, Jawa Barat, Minggu (16/5). (Foto: BKIP Kemenhub)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi bersama Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mengecek pelaksanaan rapid test antigen secara acak bagi pengendara sepeda motor dalam arus balik.

Dua menteri itu meninjau para pemotor yang menuju ke arah Jabodetabek di Posko UPPKB Balonggandu, Karawang, Jawa Barat, Minggu (16/5).

Budi mengatakan, untuk mengantisipasi pergerakan masyarakat yang akan menuju Jabodetabek selepas lebaran, pemerintah melakukan pengecekan rapid antigen secara acak. Ini dilakukan untuk mencegah penyebaran Covid-19.

Baca juga : Muhadjir: Larangan Mudik Belum Maksimal 100 Persen

"Saya mengapresiasi para pengguna jalan yang telah bersedia untuk memeriksakan diri memastikan status kesehatannya di posko ini," ujar Budi, Minggu (16/5).

Sebelumnya, kedua menteri ini juga melakukan pantauan arus lalu lintas jalur Cikopo-Palimanan melalui helikopter di H+2 Lebaran yang diprediksi terjadi lonjakan pergerakan arus lalu lintas. Budi mengungkapkan, belum ada pergerakan yang berarti di jalur tersebut.

"Kami memperkirakan masyarakat masih menunda kepulangan dari kampung halaman. Secara kuantitatif, jumlah pergerakan pada arus balik hari ini masih di bawah 60 persen dari yang diperkirakan," ungkapnya.

Baca juga : Kasus Corona Sumatera Meningkat, Arus Balik di Pelabuhan Bakaheuni Diperketat

Karena masih banyak masyarakat yang belum kembali, dia mengaku telah meminta Dirjen Perhubungan Darat untuk melakukan koordinasi intensif dengan Korlantas Polri dalam melakukan pengawasan arus lalu lintas di jalan raya.

Eks Dirut Angkasa Pura ll juga mengimbau masyarakat yang akan melakukan perjalanan menggunakan kendaraan pribadi agar melakukan tes kesehatan secara mandiri.

Dengan begitu, dia tidak perlu lagi mengikuti tes acak ini. Penumpukan di posko pengecekan kesehatan pun bisa dihindari.

Baca juga : Antisipasi Arus Balik, TNI-Polri Siapkan Swab Test

"Semuanya bukan untuk menyusahkan saudara-saudara kita yang melakukan perjalanan. Tetapi ini merupakan upaya pemerintah untuk mencegah terjadinya penyebaran Covid-19 di Indonesia selepas masa lebaran," tutur Budi.

Posko Balonggandu merupakan salah satu tempat dilakukannya pengecekan kesehatan rapid tes antigen secara acak bagi para pengendara sepeda motor dari arah Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur yang akan melakukan perjalanan balik ke Jabodetabek. [KPJ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.