Dark/Light Mode

Kementerian KKP Ajak Pemprov Sumbar Kembangkan Potensi Udang

Rabu, 19 Mei 2021 18:45 WIB
Gubernur Sumbar Mahyeldi Ansharullah rapat dengan Menteri Sakti Wahyu Trenggono. (RM.id/Setda Sumbar)
Gubernur Sumbar Mahyeldi Ansharullah rapat dengan Menteri Sakti Wahyu Trenggono. (RM.id/Setda Sumbar)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kementeri Kelautan dan Perikanan (KKP) mengajak dan mendorong Pemerintah Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) mengembangkan budidaya udang.

"Kami mengetahui besarnya potensi lahan udang di Sumbar dan selain itu, pasar udang yang menjanjikan dan didukung teknologi meningkatkan produksi udang menjadi alasan agar Pemerintah Provinsi dapat mengembangkan salah satu potensi komoditas perikanan di Sumbar." terang Menteri KKP Sakti Wahyu Trenggono ketika menerima audiensi Gubernur Sumbar  Mahyeldi Ansharullah, Wakil Gubernur Audy Joinaldy di Ruang Rapat, Gedung Mina Bahari IV, Kantor KKP, Rabu (19/5/2021).

Baca juga : Kerja Sama Kembangkan Industri, Menperin Cocok Kalau Kadin Dipimpin Anindya 

Ikut mendampingi Plt. Dirjen Perikanan Tangkap M Zaini, Kepala Badan Riset dan Sumber Daya Manusia Kelautan dan Perikanan (BRSDM) Sjarief Widjaja, serta jajaran Staf Khusus Menteri KKP. 

Lebih lanjut Menteri KKP mengajak Sumbar konsisten menggenjot produksi udang, terutama jenis vaname seiring target peningkatan ekspor sebesar 250 persen hingga 2024. Sebab, Sumatra Barat Sendiri memiliki potensi tambak perikanan air payau seluas 7.700 hektare. Namun yang baru dimanfaatkan seluas 150 hektare.

Baca juga : ASDP Perketat Syarat Perjalanan Penumpang

"Untuk menjaga kelestarian dan konsisten produktivitas udang, diharapkan Pemprov Sumbar memberikan perhatian terhadap kelestarian lingkungan alam dan hal-hal yang menjadi keunggulannya," katanya.

Mahyeldi dalam kesempatan itu menyambut baik usulan Menteri Trenggono dalam memaksimalkan potensi udang bagi kesejahteraan masyarakat.

Baca juga : Tekan Laju Covid, Pemprov Sumbar Tiadakan Shalat Id Berjamaah

"Kita senang dan bangga pak Menteri KKP memperhatian potensi dan produksi udang masyarakat Sumbar. Untuk motivasi pengembang potensi perikanan Sumbar kita juga mengajak Pak Menteri KKP meninjau langsung aktivitas perikanan, termasuk tambak-tambak yang saat ini berproduksi di Sumbar," ujar Mahyeldi.

Mahyeldi juga mengatakan, selain udang, ia juga membahas potensi perikanan lokal di antaranya Ikan Garing, yang memiliki permintaan tinggi dan harga jual yang menggiurkan. "Tentu potensi ikan lokal lain juga menjadi perhatian Kementerian KKP ntuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat juga sebagai aktifitas kemajuan pertumbuham ekonomi daerah," tandasnya.[MEL]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.