Dark/Light Mode

Setiap Pagi, Perintahkan Nyanyi Lagu Indonesia Raya

Raja Yogya Jempolan

Jumat, 21 Mei 2021 07:10 WIB
Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Sri Sultan Hamengku Buwono X. (Foto: Istimewa)
Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Sri Sultan Hamengku Buwono X. (Foto: Istimewa)

 Sebelumnya 
SE tersebut, kata dia, sifatnya hanya ajakan tanpa disertai sanksi. Surat edaran itu pun tak akan dinaikkan statusnya sebagai Peraturan Gubernur apalagi Peraturan Daerah.

Aji menyontohkan, surat edaran itu jelas dilarang diberlakukan saat petugas sedang melayani operasi di rumah sakit, kegiatan vaksinasi, atau pelayanan lain. Pun dengan masyarakat tak wajib memberi hormat dan sikap tegak ketika dalam situasi yang tak memungkinkan. Seperti sedang mengendarai kendaraan atau aktivitas lain yang tak bisa ditinggalkan.

“Kami pun sudah mendapat laporan dari Kantor Samsat DIY, mereka akan memperdengarkan lagu itu sebelum memulai layanan jam 08.00, silakan saja,” kata Aji.

Baca juga : Ganjar Dukung Ide Sri Sultan Hamengkubuwono X

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo mendukung penuh gagasan Sri Sultan itu. Dia pun mengajak semua masyarakat Indonesia untuk merasakan perjalanan Indonesia lewat lagu kebangsaan. “Terus terang, saya sangat terinspirasi dan mendukung seratus persen gagasan ini,” kata Ganjar melalui video singkat bernama ‘Ruang Ganjar’ di kanal pribadinya di YouTube, kemarin.

Warganet juga mendukung gagasan Sri Sultan tersebut. Akun @Dhunijogja misalnya. Dia menilai, gagasan itu bagus untuk meningkatkan rasa nasionalisme.

“Sebagai bentuk kecintaan terhadap Indonesia dan menghargai semua pengorbanan para pahlawan nasional. Sultan HB X minta lagu Indonesia Raya diputar di DIY setiap pagi. Mantap,” tulisnya sambil membubuhkan emotion jempol dan cinta tanah air.

Baca juga : Harkitnas, Raja Yogyakarta Gaungkan Gerakan Indonesia Raya Bergema

Begitu juga Kamandanu Ngapak @JebulMania291. Menurutnya, masyarakat memang harus mengetahui lagu dan menjiwai lagu kebangsaan tersebut “Jangan cuma TikTok! Apalagi sekarang banyak orang yang kurang hafal dengan nama-nama provinsi di Indonesia,” tulisnya.

Namun, ada juga yang mempertanyakan gagasan itu dicanangkan. Akun @Yulie456950 justru menduga Indonesia tengah dalam keadaan tidak baik.

“Dengan memutuskan lagu Indonesia Raya diwajibkan diputar di ruang publik setiap pagi di wilayahnya, seolah Sultan HB X memberi signal bahwa Indonesia sedang tidak baik-baik saja,” tulisnya sambil menghastag waspadai ideologi komunis. [QAR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.