Dark/Light Mode

Menparekraf Dukung Pengembangan Desa Wisata Di Malang

Sabtu, 22 Mei 2021 20:44 WIB
Menparekraf, Sandiaga Uno
Menparekraf, Sandiaga Uno

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Pariwisata, Ekonomi dan Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno mendukung penuh pengembangan desa wisata sebagai salah satu bentuk kegiatan ekonomi kreatif

Sandi mencontohkan Desa Wisata Pujon Kidul, Malang, Jawa Timur yang berhasil meningkatkan penghasilan tahunan desa hingga 100 kali lipat.

"Ini yang pertama dilakukan agar ekonomi kita kembali pulih," kata Menparekraf dalam keterangannya saat berkunjung ke Malang, Sabtu (21/5)

Sandi melihat langsung bagaimana wilayah persawahan seluas 1 hektare (ha) di desa tersebut telah disulap dan bisa menghasilkan keuntungan hingga Rp 1,2 miliar per tahun.

Padahal, sebelumnya sawah di sana hanya menguntungkan warga sebesar Rp 10 juta per tahun.

Baca juga : Perdana, Emas Jek Buka Pendaftaran Di Pulau Dewata Bali

Sandi menekankan, banyak kegiatan di desa wisata tersebut yang dapat dikembangkan dan memberi keuntungan bagi warga.

Seperti beberapa jenis tanaman yang bisa menembus pasar ekspor hingga ke Jepang.

"Harapan kita, pariwisata bisa menggerakkan ekonomi kita, membangkitkan semangat dan membuka lapangan kerja seluas-luasnya," ujar Sandi seperti dikutip Antara.

Lebih lanjut ia menerangkan bahwa kegiatan-kegiatan ekonomi kreatif tersebut dapat membuka kesempatan kerja yang lebih luas bagi masyarakat di tengah pandemi Covid-19.

"Ini yang saya ingin berikan pendekatan ekonomi berkeadilan yang berpihak kepada masyarakat perdesaan," jelas Sandi.

Baca juga : Pertamina Dukung Penyediaan Gas Bumi Kawasan Industri Jateng

Dalam kesempatan yang sama, Bupati Malang, Sanusi mengapresiasi langkah kementerian yang dipimpin Sandi dalam menggerakkan ekonomi kreatif masyarakat perdesaan.

Dia mengakui, bahwa manfaat itu dapat dirasakan secara langsung dengan meningkatnya pendapat masyarakat sekitar di tengah pandemi.

"Kita gerakkan ekonomi kreatif dengan meningkatkan potensi yang ada dari padi yang 8 ton sekarang sudah bisa 15 ton," ucap dia.

Teranyar, Kemenparekraf tengah menginisiasi program Anugerah Desa Wisata 2021.

Program ini bertujuan agar dari 57.000 desa di seluruh Indonesia yang memiliki daya tarik wisata tergerak untuk mendaftarkan desanya ke dalam program tersebut.

Baca juga : Gempa Blitar M6,2, Guncangannya Terasa Sampai Malang Raya

Sehingga, promosi terkait perekonomian kreatif dapat semakin memotivasi desa-desa dalam mengembangkan inovasi.

Kemenparekraf mencatat setidaknya ada lebih dari 700 desa wisata yang masuk ke dalam data Desa Wisata Indonesia. (MFA)

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.