Dark/Light Mode

Raih Hak Cipta, SiKasep Klaim Sudah Diakses Ribuan Pengguna

Senin, 31 Mei 2021 09:30 WIB
Raih Hak Cipta, SiKasep Klaim Sudah Diakses Ribuan Pengguna

RM.id  Rakyat Merdeka - Sistem Informasi KPR Sejahtera (SiKasep) yang diluncurkan Pusat Pengelolaan Dana Pembiayaan Perumahan (PPDPP) meraih hak cipta dari Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham).
 
Aplikasi ini sudah terlindung hingga 50 tahun ke depan berdasarkan Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 tentang Hak Cipta. Aplikasi ini  telah diakses 475.158 pengguna, terdiri dari 1.591  pengguna tahun 2019 ,sedangkan 328.248 pengguna tercatat di tahun 2020 dan pengguna tahun 2021 sebanyak 145.319 pengguna. Pengakses harian SiKasep rata-rata mencapai 1.470 pengguna.

Direktur Utama Pusat Pengelolaan Dana Pembiayaan Perumahan (PPDPP), Arief Sabaruddin mengatakan, lahirnya SiKasep untuk memudahkan masyarakat dalam menemukan rumah yang diinginkan, memudahkan pengembang dalam memasarkan rumah subsidi yang sudah mereka bangun dan memudahkan perbankan dalam memverifikasi calon debitur yang akan membeli rumahnya.

Baca juga : Kiai Maruf Minta Ormas Keagamaan Jaga Persatuan Bangsa

“Pemerintah hadir untuk masyarakat dan berupaya memberikan solusi atas pembiayaan perumahan yang dihadapi masyarakat,” ujar Arief dalam keteranganya, Seninn (31/5).

Aplikasi SiKasep ini memiliki empat pintu dalam pelaksanaannya. Pintu pertama, bisa diakses langsung oleh Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) melalui aplikasi SiKasep.

Baca juga : Garap Lagi Walkot Cimahi Nonaktif, KPK Kejar Dugaan Suap Lain Penyidiknya

Kedua, bisa dimasuki oleh pengembang lewat Sistem Informasi Kumpulan Pengembang (SiKumbang) yang bertugas untuk menyiapkan semua data perumahan yang akan dipilih oleh MBR. 

Kemudian, perbankan yang melakukan verfikasi dengan system host to host dan PPDPP yang memproses pengajukan data MBR, menyalurkan dana FLPP dan memonitoring pelaksanaannya.

Baca juga : Banyak Vitamin, Rupiah Makin Perkasa

Saat ini, aplikasi SiKasep  semakin menguat dengan adanya Sistem Pemantauan Konstruksi alias SiPetruk yang rencananya Juli ini akan diterapkan pelaksanaannya. 

Tercatat, SiKasep telah diakses oleh 475.158 pengguna, terdiri dari 1.591 pengguna di 2019,328.248 pengguna tercatat di 2020 dan pengguna 2021 sebanyak 145.319 pengguna. Pengakses harian SiKasep rata-rata mencapai 1.470 pengguna.
 
SiPetruk berfungsi memastikan bahwa bangunan yang ada di SiKumbang sesuai dengan aturan dan standar yang ada. Saat ini terdapat 14.189 lokasi perumahan dengan 428.305 unit tapak subsidi. [MFA]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.