Dark/Light Mode

Seri Ketiga PAKU, Ketua KPK Ajak Jajaran Kemenkumham Tanamkan Integritas Diri

Rabu, 23 Juni 2021 16:29 WIB
Ketua KPK Firli Bahuri memberikan sambutan dalam Program Penguatan Antikorupsi untuk Penyelenggara Negara Berintegritas (PAKU Integritas) yang digelar untuk para pejabat Kemenkumham, Rabu (26/3). (Foto: KPK)
Ketua KPK Firli Bahuri memberikan sambutan dalam Program Penguatan Antikorupsi untuk Penyelenggara Negara Berintegritas (PAKU Integritas) yang digelar untuk para pejabat Kemenkumham, Rabu (26/3). (Foto: KPK)

 Sebelumnya 
Merespon sambutan dan pengantar diskusi yang disampaikan dua pimpinan KPK, Wamen Kumham Edward O.S Hiariej sepakat pentingnya upaya pencegahan dan pendidikan sebagai bagian dari strategi pemberantasan korupsi.

Menurutnya, merujuk pada tujuan konvensi PBB melawan korupsi, ada tiga kata kunci yang terkandung, yaitu integritas, akuntabilitas dan transparansi.

Baca juga : Dilantik Yasonna, Dirjen PP dan BPHN Kemenkumham Tukeran Posisi

"Ketika kita bicara integritas, kita bicara tentang sumber daya manusia. Ketika kita bicara akuntabilitas dan transparansi, maka sesungguhnya kita bicara tentang pelayanan publik," ujar Edward.

Karenanya, ia menilai kegiatan pembekalan antikorupsi ini sebagai hal yang bermanfaat dan merupakan perwujudan dari paradigma baru hukum pidana.

Baca juga : Gus Menteri Minta Jajaran Kemendes PDTT Pahami Isu Strategis

Keberhasilan sistem peradilan pidana, katanya, tidak hanya pada banyak kasus yang ditangani, tetapi kepada aspek pencegahan. "KPK selangkah lebih maju karena melakukan pendidikan dan pencegahan," pujinya.

Sementara itu, bagi para pasangan penyelenggara negara pembekalan antikorupsi disampaikan oleh Direktur Jejaring Pendidikan KPK Aida Ratna Zulaikha dan juga menghadirkan pasangan dari Pimpinan KPK pada sesi berbagi.

Baca juga : Pertamina Berhasil Kendalikan Kebakaran 1 Tanki Kilang Minyak Di Cilacap

PAKU Integritas diselenggarakan sebagai upaya peningkatan kesadaran dan pengetahuan antikorupsi, yang meliputi dua kegiatan, yaitu pembekalan antikorupsi untuk penyelenggara negara dan pasangannya, serta diklat pembangunan integritas untuk penyelenggara negara.

Kemenkumham merupakan satu dari sepuluh kementerian/lembaga yang menjadi target dari program PAKU Integritas. Sebelum Kemenkumham, kegiatan yang sama telah diselenggarakan untuk para penyelenggara negara di Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) dan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) berturut-turut pada 3 dan 9 Juni 2021. [OKT]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.