Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Rayakan Hari Krida, Mentan Ajak Milenial Majukan Sektor Pertanian

Jumat, 25 Juni 2021 21:16 WIB
Mentan, Syahrul Yasin Limpo
Mentan, Syahrul Yasin Limpo

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Pertanian (Mentan), Syahrul Yasin Limpo mengajak kaum milenial untuk memacu Pertanian agar lebih maju, mandiri dan modern daripada sebelumnya. 

Hal itu dikatakan Mentan saat menjadi Inspektur Upacara Peringatan Hari Krida Pertanian ke 49 dengan tema Pertanian Maju, Mandiri dan Modern, Petani Sejahtera’ di Jakarta, Jumat (25/6).

" Pertanian di Indonesia harus maju dan mandiri dengan pemanfaatan Sumberdaya Alam (SDA)  yang ada, dan pemenuhan kebutuhan masyarakat sedapat mungkin dari produksi dalam negeri," ujar Syahrul.

Menteri dari Partai NasDem ini menambahkan, pemanfaatan teknologi kekinian berbasis Artificial intelligence (AI), Internet of Things (IoT), drone dan robotic menjadi bentuk unsur modernitas dalam Pertanian. 

"Tujuan akhirnya ya Maju Mandiri dan Modern serta bermuara pada kesejahteraan Petani," tegasnya.

Baca juga : 100 Hari Jelang PON, Menpora Pastikan Semua Sesuai Perencanaan

Karena itu, Mentan kembali menegaskan, jika bertani dan mengurusi Pertanian bukan sekedar profesi. Karena, Pertanian menjadi upaya yang langsung memiliki pahala dengan mengurusi kebutuhan pangan bagi 273 juta jiwa masyarakat Indonesia.

"Petani itu keren, bertani itu hebat. Semakin hebat, dengan perbaiki cara bertani dengan lebih modern. Kurang apa di Indonesia? Matahari bersinar terus, sumber air ada dimana-mana," tuturnya.

Karena itu, menurutnya, Kepala Dinas, Camat, Bupati, Gubernur hebat, jika Pertanian di wilayahnya bisa hebat. Ia mengajak kaum milenial untuk memacu Pertanian agar lebih Maju, Mandiri dan Modern daripada sebelumnya. 

"Sehingga, Hari Krida Pertanian ini bukan sekedar upacara, tetapi lebih kepada konsolidasi idealisme, agar kebutuhan pangan bagi rakyat bisa terpenuhi oleh masyarakat Pertanian,"ujarnya .

Ketahanan Dan Kedaulatan Pangan 

Baca juga : PROJO Apresiasi Mentan SYL Wujudkan Arahan Jokowi Di Sektor Pertanian

Ia mengatakan, sejauh ini sektor pertanian Indonesia mampu mendorong ketahanan dan kedaulatan pangan secara cepat serta mampu menyiapkan ketersediaan pangan dalam menghadapi kemungkinan adanya ancaman krisis pangan global.

Berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS), pertanian merupakan sektor andalan karena mampu tumbuh positif pada triwulan I 2021, yakni sebesar 2,95 persen. Menurutnya, pertumbuhan tersebut sangat menggembirakan karena 30 persen tenaga kerja Indonesia bekerja di sektor pertanian.

Tak hanya di dalam negeri, kinerja ekspor di sektor pertanian juga mengalami kenaikan yang signifikan hingga tahun 2020, kenaikan mencapai 15,54 persen dari tahun 2019 yang hanya Rp 390,16 trilliun ke 450,79 trilliun di 2020. 

Untuk tahun 2021, Januari-Maret 2021 ekspor Pertanian mengalami kenaikan 31,79 persen jika dibandingkan Januari-Maret 2020 silam.Capaian-capaian ini kemudian mendapatkan perhatian Badan Pangan Dunia/FAO dan menjadikan Indonesia sebagai Wakil Regional Asia. 

"Ini berarti kita sudah on the right track, jangan sampai stop. Kalian adalah Energizer (motor penggerak) semangat Pertanian di seluruh Indonesia," tutur Mentan mengapresiasi seluruh komponen Kementerian Pertanian.

Baca juga : Seri Ketiga PAKU, Ketua KPK Ajak Jajaran Kemenkumham Tanamkan Integritas Diri

Tak hanya itu, capaian kredibilitas dan transparansi anggaran juga mampu dicapai baik Kementerian Pertanian dengan diraihnya predikat AA (Sangat Memuaskan), dan Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), disamping 14 penghargaan nasional lainnya yang berhasil ditorehkan Kementerian Pertanian.

"Jaga ini semua, kalian harus hebat di lapangan. Konsolidasikan program yang mampu meningkatkan kesejahteraan Petani," tambahnya.

Di akhir kata, Syahrul berpesan agar Kedaulatan Pangan menjadi jatidiri bangsa untuk membangun ekonomi dan Ketahanan Pangan harus menjadi penyangga bangsa. [KAL]
 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.