Dewan Pers

Dark/Light Mode

Setelah Bali, Sandi Ingin Fokus Majukan Parekraf Magelang

Senin, 21 Juni 2021 21:37 WIB
Sandiaga Salahuddin Uno (Foto: Ist)
Sandiaga Salahuddin Uno (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno memutuskan untuk bekerja di Magelang, Jawa Tengah, pada minggu ini. Sebelumnya, Sandiaga berkantor di Bali. Kehadirannya di Kabupaten Magelang itu diharapkan dapat mendongkrak pariwisata di wilayah tersebut.

"Ini adalah bentuk dari upaya kami untuk membangkitkan, memulihkan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di tengah pandemi dan tantangan ekonom," ucap Sandiaga dalam keterangannya, Senin (21/6).

Berita Terkait : Yang Berwisata, Jangan Malas Pakai Masker Ya...

Merujuk hal tersebut, dirinya mengimbau kepada para pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif (parekraf) harus meningkatkan keterampilan digitalisasi maupun adaptasi dan adopsi teknologi digital. Bersamaan dengan itu, penerapan protokol kesehatan yang ketat dan disiplin dalam bingkai Cleanliness, Health, Safety dan Environmental Sustainability (CHSE) harus terus ditingkatkan.

"Saat sekarang pemerintah harus betul-betul peka terhadap kebutuhan masyarakat dengan program-program yang tepat sasaran, tepat manfaat dan tepat waktu," ungkap Sandiaga.

Berita Terkait : KSP: Pengendalian Pandemi Wujudkan Pemulihan Ekonomi

Di Kota Magelang sendiri merupakan bagian dari destinasi super prioritas Candi Borobudur. Oleh karena itu, Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta itu akan memastikan kesiapan tempat tersebut untuk menarik wisatawan. Tak hanya hanya dari segi infrastruktur, tapi juga dari segi kesiapan kegiatan yang mengacu terhadap protokol kesehatan yang ketat dan disiplin juga akan dimaksimalkan.

"Di saat angka covid-19 di Ibu Kota dan beberapa daerah lainnya meningkatkan, kita harus eling lan waspodo atau harus waspada. Magelang memang tidak masuk ke dalam zona merah, tapi kita harus hati-hati," paparnya.

Berita Terkait : Mensos Tegaskan Penyintas Tidak Boleh Kelaparan

Tak hanya kesiapan destinasi wisata, termasuk vaksinasi bagi para pelaku parekraf juga didorong digencarkan. Sandiaga pun mendorong percepatan vaksinasi bagi para wisatawan, termasuk menghadirkan sentra-sentra vaksinasi di beberapa tempat yang aksesibilitasnya tinggi, seperti bandara dan terminal. [EFI]