Dark/Light Mode

Lewat Telemedicine, Kemenkes Fasilitasi Konsultasi Dan Obat Gratis Untuk Pasien Covid-19 Di Jakarta

Senin, 5 Juli 2021 12:12 WIB
Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin (Foto: Istimewa)
Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin (Foto: Istimewa)

 Sebelumnya 
Dokter bisa mengidentifikasi pasien berdasarkan hasil konsultasi, untuk selanjutnya dilakukan penanganan berdasarkan kondisi pasien.

Melalui layanan ini, rumah sakit bisa melakukan skrining awal untuk pasien dengan gejala sedang/berat. Termasuk, pemberian paket obatnya melalui fasilitas pelayanan kefarmasian yang ditunjuk oleh Kementerian Kesehatan.

Baca juga : Cek Di Sini, 11 Layanan Telemedicine Gratis Untuk Pasien Isoman Bergejala Ringan

Paket obat akan dikirimkan secara gratis untuk yang benar-benar tanpa gejala. Sedangkan pasien dengan gejala, misalnya demam sedikit, akan diberikan juga paketnya secara gratis.

Tak hanya itu, platform telemedicine ini juga terintegrasi dengan laboratorium testing PCR.

Baca juga : KPK Telisik Dokumen Pengusulan Bantuan Dana Pemprov Jabar Untuk Pemkab Indramayu

Bagi pasien yang ingin melakukan uji PCR, bisa dilakukan melalui form telemedicine yang tersedia.

“Jadi, di sini saya mengucapkan terima kasih kepada sebelas platform telemedicine yaitu Alodokter, GetWell, Good Doctor dan GrabHealth, Halodoc, KlikDokter, dan KlinikGo. Kemudian Link Sehat, Milvik Dokter, ProSehat, SehatQ, dan YesDok. Semua ini diberikan secara gratis sebagai kontribusi dari 11 platform telemedicine dan obat-obatannya dilakukan juga dari Kementerian Kesehatan,” ucap Menkes.

Baca juga : TNI Kirim 176 Nakes Akmil Bantu Penanganan Covid-19 Di Jakarta

Sementara itu, Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengimbau masyarakat, untuk melakukan pemeriksaan antigen hanya di laboratorium yang terafiliasi dengan Kementerian Kesehatan.

 “Kami sangat mengapresiasi segala bentuk dukungan dari berbagai pihak, terutama dukungan dari penyedia jasa telemedicine. Mereka membantu tanpa bayaran, gratis. Saya mengucapkan terima kasih, karena Anda terpanggil,” ujar Luhut. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.