Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Kemhan Dan TNI Kembali Terima Bantuan Tanggap Covid-19 Dari Australia

Kamis, 15 April 2021 04:48 WIB
Australia memberikan peralatan tambahan untuk mendukung Tentara Nasional Indonesia dan Kementerian Pertahanan (Kemhan) dalam penanggulangan Covid-19. (Foto RM.id/Kedubes Australia)
Australia memberikan peralatan tambahan untuk mendukung Tentara Nasional Indonesia dan Kementerian Pertahanan (Kemhan) dalam penanggulangan Covid-19. (Foto RM.id/Kedubes Australia)

RM.id  Rakyat Merdeka - Australia memberikan peralatan tambahan untuk mendukung Tentara Nasional Indonesia (TNI) dan Kementerian Pertahanan (Kemhan) dalam penanggulangan Covid-19 di dalam negeri.

Bantuan tersebut diserahkan secara simbolis oleh Wakil Duta Besar Australia untuk Indonesia Allaster Cox, kepada Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kemhan RI Marsdya TNI Donny Ermawan, Kamis (8/4) di Kemhan, Jakarta.

Bantuan alat kesehatan (Alkes) seberat 20,9 ton tersebut, di antaranya berupa SD Biosensor Test Kits (Standard Q Covid-19 AG Test), Respiratory Masks (N-95 and P2), dan Hand Sanitiser Gel 75 persen Alcohol (100 ml dan 500 ml).

Baca juga : Ringankan Beban Masyarakat NTT, PLN Peduli Salurkan Bantuan Lebih Dari 620 Juta

Bantuan ini merupakan yang kedua kalinya. Sebelumnya pada Agustus 2020, Australia juga telah memberikan bantuan Alkes. Sehingga total dukungan Australia ke Indonesia, di bawah Program Kerja Sama Pertahanan menjadi 4 juta dolar Australia (sekitar 44,5 miliar).

Sekjen Kemhan atas nama Kemhan RI dan TNI menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang tinggi kepada Dephan Australia atas bantuan itu. Bantuan tersebut bermanfaat membantu upaya penanganan pandemi Covid-19 di Indonesia.

“Kami mewakili rekan-rekan dari TNI menyampaikan terima kasih, bantuan ini nanti selanjutkan akan segera didistribusikan kepada Prajurit TNI di lapangan,” ucap Sekjen Kemhan.

Baca juga : BTN Kembali Salurkan Bantuan Rp 500 Juta Untuk Masyarakat NTT

Dalam keterangannya, kemarin, Duta Besar Australia untuk Australia Gary Quinlan mengatakan, peralatan ini melanjutkan sejarah panjang kerja sama antara organisasi pertahanan Australia dan Indonesia.

“Australia dan Indonesia adalah mitra dan teman dekat. Sama seperti Indonesia membantu Australia selama kebakaran hutan yang menghancurkan pada tahun lalu, kami senang dapat mendukung Indonesia saat kita menghadapi tantangan bersama Covid-19,” kata Duta Besar Quinlan.

"Kerja sama pertahanan merupakan pilar kunci Kemitraan Strategis Komprehensif antara Australia dan Indonesia," pungkasnya. [MEL]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.