Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Sejumlah Negara Larang Penerbangan Dari Indonesia, Ini Kata Kemenhub

Minggu, 11 Juli 2021 15:52 WIB
Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Novie Riyanto. (Foto: ist)
Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Novie Riyanto. (Foto: ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Meledaknya kasus Covid-19 di Indonesia membuat sejumlah negara menutup penerbangan dari dan menuju Indonesia. 

Setelah Hong Kong, Oman juga telah melarang penerbangan asal Indonesia masuk ke negaranya mulai Jumat (9/7). Uni Emirat Arab juga melarang penerbangan dari Indonesia mulai Minggu (11/7). 

Negara tetangga Singapura juga ikutan. Singapura rencananya akan mulai diberlakukan pada Senin (11/7). Tak cuma itu, pelancong yang tercatat punya riwayat perjalanan ke Indonesia dalam 3 minggu terakhir, juga tak diizinkan transit di Negeri Singa tersebut. 

Baca juga : Tiga Juta Vaksin Moderna Dari AS Tiba Di Indonesia

Menanggapi hal tersebut, Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Novie Riyanto mengatakan, penutupan penerbangan oleh negara-negara lain merupakan hal wajar. Pemerintah menghormati keputusan mereka.

Apalagi, kata Novie, dampaknya juga tidak berpengaruh besar bagi Indonesia. Karena, untuk angkut penumpang memang dilarang tapi logistik dan barang tetap masih diperbolehkan. 

"Ketika penerbangan ditutup dampak yang paling akan terasa adalah pergerakan kargo yg biasanya dititip di belly pesawat penumpang," katanya kepada RM.id, Minggu (11/7).

Baca juga : Bantu Tangani Covid Di Indonesia, Singapura Kirim Peralatan Medis

Menurut dia, saat ini pesawat penumpang sudah diizinkan untuk bisa angkut kargo (kosong penumpang). “Praktik ini umum dilakukan oleh maskapai sipil yang mengangkut kargo," jelasnya. 

Saat ditanyakan, kapan Indonesia ikut menutup sementara penerbangan dari internasional seperti negara-negara lainnya? Novie mengaku kewenangan itu bukan ada di Kemenhub. 

Sebelumnya, Imigrasi Bandara Soekarno-Hatta mencatat, 24.594 warga negara asing (WNA) telah memasuki Indonesia melalui Bandara Internasional Soekarno Hatta selama periode 1 Juni-6 Juli 2021. 

Baca juga : Menteri Sandi Garap Potensi Parekraf Di Perbatasan Indonesia-Papua Nugini

Lima negara mendominasi kedatangan dari puluhan ribu WNA tersebut. Lima negara itu adalah China, Jepang, Korea Selatan, Amerika Serikat, dan Rusia. 

China ada 5.298 orang, Jepang 2.155 orang, Korea Selatan 1.731 orang, Amerika Serikat 1.728 orang, dan Rusia 984 orang. [KPJ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.