Dark/Light Mode

Jelang Libur Idul Adha, Kemenhub Gelar Vaksinasi dan Tes Antigen Di Terminal Bus

Kamis, 15 Juli 2021 10:40 WIB
Ilustrasi terminal bus. (Foto: Antara)
Ilustrasi terminal bus. (Foto: Antara)

 Sebelumnya 
Budi menjelaskan, calon penumpang bus yang ingin mendapatkan vaksin tersebut harus mendaftar lebih dulu. "Mungkin ini kami sifatnya tidak go show, tapi masyarakat yang akan mendapatkan vaksin mendaftar dulu. Supaya kami untuk mencegah adanya kerumunan di tempat-tempat kami melaksanaan vaksin nanti," jelasnya.

Selain vaksin, kata Budi, ada tes antigen berbayar bagi calon penumpang yang berminat. "Kami menyelenggarakan antigen berbayar di terminal tipe A namun jumlahnya tidak banyak karena penumpang bus belakangan tidak banyak," ujarnya.

Baca juga : BAZNAS Pastikan Nutrisi dan Kesehatan Ternak

Untuk diketahui, sesuai dengan SE No. 49 tahun 2021, bagi pelaku perjalanan darat dengan menggunakan kendaraan pribadi ataupun umum diwajibkan menunjukkan kartu vaksin pertama dan surat keterangan hasil negatif tes RT-PCR berlaku maksimal 2x24 jam atau rapid test antigen maksimal 1 x 24 jam sebelum keberangkatan yang berlaku untuk perjalanan di Pulau Jawa dan Bali.

Sementara, bagi pelaku perjalanan rutin dengan moda transportasi darat, sungai, danau, dan penyeberangan dalam satu wilayah aglomerasi perkotaan hanya untuk sektor esensial dan kritikal serta dilengkapi dengan Surat Tanda Registrasi Pekerja (STRP) yang dikeluarkan oleh Pemerintah Daerah setempat.

Baca juga : Bantu Atasi Pandemi, Pesantren Asshiddiqiyah Jakarta Gelar Vaksinasi Massal

Dilengkapi surat tugas yang ditandatangani oleh pimpinan perusahaan atau pejabat minimal eselon 2 (untuk pemerintahan) dan berstempel/cap basah atau tanda tangan elektronik. [KPJ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.