Dark/Light Mode

Luhut Datangi Solo Raya, Wagub Yasin: Vaksinasi Sudah Baik

Kamis, 5 Agustus 2021 22:17 WIB
Wakil Gubernur Jawa Tengah Taj Yasin Maimoen mendampingi kunjungan kerja Menko Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Panjaitan dan Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin ke  Kabupaten Boyolali, Surakarta, Sragen, dan Klaten, Kamis (5/8).
Wakil Gubernur Jawa Tengah Taj Yasin Maimoen mendampingi kunjungan kerja Menko Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Panjaitan dan Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin ke Kabupaten Boyolali, Surakarta, Sragen, dan Klaten, Kamis (5/8).

RM.id  Rakyat Merdeka - Wakil Gubernur (Wagub) Jawa Tengah, Taj Yasin Maimoen menyambut kedatangan Menko Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Panjaitan dan Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin ke  Kabupaten Boyolali, Surakarta, Sragen, dan Klaten.

Keduanya datang dalam rangka kunjungan kerja untuk mengecek progres pelaksanaan vaksinasi di wilayah Solo Raya, sekaligus memberikan edukasi kepada pasien yang sedang menjalani isolasi, dan memastikan kesiapan Rumah Sakit Darurat Covid-19 di Donohudan segera siap beroperasi.

Beberapa tempat pelaksanaan vaksinasi Covid-19 yang dicek adalah Asrama Haji Donohudan, SMAN 1 Surakarta, dan Puskesmas Masaran 1 Sragen.

Wagub Yasin mengatakan, berdasarkan pantauannya, pelaksanaan vaksinasi di Solo Raya sudah baik. 

Pemerintah kabupaten/ kota setempat berupaya menggenjot agar vaksinasi sesuai yang ditargetkan Pemerintah Pusat sebesar 75 persen hingga akhir Agustus.  Sekarang ini capaiannya sudah 69 persen.

Baca juga : Lindungi Pahlawan Devisa, KSPSI Bareng Polri Vaksin 15 Ribu Buruh

“Vaksinasi sudah bagus semua kok. Dan (khusus) nakes saat ini sudah siap (menerima) vaksin ketiga,” tuturnya.

Soal stok vaksin, Gus Yasin, sapaannya, memastikan stok dari Pemerintah pusat aman. 

Vaksinasi Solo Raya Capai 75 Persen

Pada Agustus ini, Menko Marinves, Luhut menyampaikan ada stok 75 juta vaksin dan suplai terbanyak di Jawa, termasuk Jawa Tengah.

“Artinya pemberian vaksin Covid-19 Jateng juga harus digenjot,” ujarnya.

Baca juga : Targetkan 8,3 Juta Warga DKI, Polda Metro Jaya Geber Vaksinasi Merdeka

Pemerintah pusat, lanjut Wagub, menginginkan supaya dalam sehari bisa melakukan vaksin kepada 10 ribu-15 ribu orang per hari. 

Sehingga, program vaksinasi selesai sesuai target.“Pusat siap suplai vaksin. Bahkan tadi ada pembicaraan kalau bisa di bulan ini digenjot. Di Kabupaten Sragen per hari 3.000 orang, tadi diminta 10.000 sampai 15.000 orang per hari,” bebernya.

Terkait Asrama Haji Donohudan yang dijadikan Rumah Sakit Darurat Covid-19, menurut Gus Yasin, dari sisi gedung sudah selesai. 

Tetapi, alat kesehatan yang menjadi fasilitas rumah sakit, belum sepenuhnya lengkap, salah satunya tempat tidur.

“Sebenarnya kalau yg di bawah lantai 1. sudah bisa. Tapi masih ada beberapa fasilitas yang harus disediakan. Kalau saat ini sudah bisa melayani bagi pasien yang tidak ada gejala. Tetapi kalau ada gejala, kami baru menyiapkan sedemikian rupa,” ungkapnya.

Baca juga : Ridwan Kamil Dampingi Kapolri Dan Panglima Tinjau Vaksinasi Massal Buruh

Untuk tenaga kesehatan, Wagub menyampaikan, telah menyiapkan dari Rumah Sakit Moewardi Surakarta, dan dibantu relawan. Tidak ada persoalan terkait SDM.

Sebagai informasi, dari kapasitas 364 bed di Asrama Haji Donohudan, saat ini terisi 320 orang yang tengah menjalani isolasi. Pasien berasal dari Surakarta, Boyolali, Klaten dan Sukoharjo. [MFA]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.