Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Tekan Angka Kematian di Solo Raya dan DIY

Pasien Kudu Dibujuk Ke Tempat Isolasi Terpusat

Senin, 26 Juli 2021 20:51 WIB
Menko Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan. (Foto:  Ist)
Menko Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Tren kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Solo Raya dan provinsi DI Yogyakarta masih meningkat. Menko Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengimbau Pemerintah Daerah (Pemda) melakukan sosialisasi ke warga agar dapat menempati isolasi terpusat yang telah disediakan.

Luhut menanggapi Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka yang membeberkan, di wilayah Solo Raya isolasi terpusat masih memiliki ruang besar dengan kapasitas 1.700 tempat tidur. Namun, baru terisi sebanyak 402 tempat tidur. Hal ini terjadi lantaran warga yang terinfeksi Covid-19 lebih memilih untuk isolasi mandiri di rumah.

"Saya minta kepada TNI dan Polri agar dapat membujuk pasien-pasien khususnya lansia dan penderita yang memiliki penyakit komorbid (penyerta) agar dirawat di isolasi terpusat sehingga dapat dipantau dan mendapatkan pasokan oksigen yang cukup," imbau Menko Luhut, Senin (26/7).

Baca juga : Pelni Sulap Kapal Jadi Tempat Isolasi

Selanjutnya, penegakan aturan PPKM level 4 dinilai perlu diberlakukan untuk wilayah Solo Raya. Hal ini disebabkan tren kasus dan positivity rate yang cukup tinggi.

"Tanpa penguatan di hulu, kapasitas respon di sektor hilir akan full dan menyebabkan peningkatan angka kematian," imbuhnya.

Menyambung, Wali Kota Gibran menjelaskan, bed occupancy rate (BOR) Solo Raya tinggi karena menampung banyaknya pendatang yang dirawat di Solo. Karena itu, tempat isolasi terpusat harus dimanfaatkan.

Baca juga : Jangan Panik, Tetap Tenang

Selain itu dia juga meminta proses vaksinasi di daerah sekitar Solo dipercepat untuk menekan laju angka kasus.

Sementara itu, di Provinsi DI Yogyakarta tren kasus positif dan angka kematian juga masih tinggi, meski indeks mobilitas sudah mulai menurun seiring dengan penurunan mobilitas dan aktivitas masyarakat yang terjadi dalam dua minggu terakhir.

Menko Luhut mengusulkan beberapa langkah-langkah yang perlu dilakukan dalam menekan angka kematian. Sama seperti di Solo, Pemda DIY juga harus memastikan warga yang tidak layak untuk melakukan isolasi mandiri dibawa ke lokasi isolasi terpusat.

Baca juga : Pemkot Pekalongan Siapkan Tempat Isolasi Covid Terpusat

Hal ini juga untuk menekan laju penularan dan angka kematian yang terjadi lantaran tidak mendapatkan perhatian khusus dan fasilitas yang memadai, khususnya pada warga yang memiliki penyakit komorbid. Lalu, untuk menjaga ketersediaan oksigen, Luhut menilai perlunya pengaturan secara ketat.

"Oksigen liquid difokuskan untuk perawatan intensif, sementara oksigen konsentrator diberikan untuk perawatan isolasi di rumah sakit," sebut Menko Luhut.

Dia juga mengusulkan agar ada penambahan fasilitas rumah sakit terutama untuk ruang ICU dan isolasi. “Kemenkes diharapkan dapat membantu untuk ketersediaan naskesnya,” tutupnya. [OKT]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.