Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Ajak Jaga Imun Sekaligus Tingkatkan Ekonomi

Airlangga Bagi-bagi Buah Ke Pasien Covid-19 Dan Nakes

Selasa, 10 Agustus 2021 17:13 WIB
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto menyerahkan bingkisan buah di RS Persahabatan, Selasa (10/8). (Foto: Kemenko Perekonomian)
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto menyerahkan bingkisan buah di RS Persahabatan, Selasa (10/8). (Foto: Kemenko Perekonomian)

RM.id  Rakyat Merdeka - Hortikultura merupakan salah satu subsektor pertanian yang memiliki potensi untuk meningkatkan kesejahteraan petani, ekonomi daerah, ekonomi nasional, bahkan meningkatkan devisa negara melalui ekspor. Pada 2020, ekspor hortikultura, yang didominasi komoditas buah-buahan, meningkat sebesar 37,75 persen dibanding 2019. Nilai realisasi ekspor buah-buahan tercatat sebesar 289,9 juta dolar AS (setara Rp 4,1 triliun) dengan lima negara tujuan utama yaitu China, Hongkong, Malaysia, Arab Saudi dan Pakistan. 

Menko Perekonomian Airlangga Hartarto menerangkan, untuk tujuan itulah, Gelar Buah Nasional (GBN) diinisiasi. Beragam hal mengenai kebaikan buah dikampanyekan melalui GBN setiap tahunnya. Gelaran ini menjadi bukti kehadiran dan keberpihakan Pemerintah terhadap petani buah nusantara. Gelaran GBN tahun ini merupakan yang ke-6 dengan mengambil tema “Gerakan Konsumsi untuk Mendorong Produksi dan Investasi Buah Nusantara” dan telah dibuka secara resmi oleh Presiden Jokowi, Senin (9/8). 

Baca juga : Kapolri Lepas Bantuan 1.000 Oksigen Konsentrator Buat Pasien Covid Dan RS

Rangkaian gelaran kampanye kebaikan buah dilanjutkan dengan pembagian bingkisan buah kepada para tenaga kesehatan di beberapa Rumah Sakit, pasien Covid-19 yang sedang menjalani isoman, dan peserta vaksin, Selasa (10/8). Sampai hari ini, telah terkumpul 6.000 paket buah mulai dari kementerian, perbankan, BUMN, pelaku usaha buah, e-commerce, dan komunitas. 

“Kami kemarin merayakan GBN yang ke- 6 dan membagikan 6.000 paket buah. Selain di Rumah Sakit Persahabatan, paket buah juga dibagikan ke Rumah Sakit Fatmawati, Rumah Sakit Sulianti Saroso, Rumah Sakit Islam, dan Rumah Sakit Cempaka Putih. Diharapkan buah dapat mendorong imunitas. Karena kita kaya akan buah, diharapkan juga ini bisa mendorong masyarakat untuk mengkonsumsi buah Indonesia,” kata Airlangga, ketika melakukan pemberian bingkisan buah di Rumah Sakit Persahabatan, Selasa (10/8).

Baca juga : 6 Tips Atasi Coronasomnia, Gangguan Tidur Di Tengah Pandemi Covid-19

Sebanyak 1.500 bingkisan buah diberikan kepada pihak manajemen Rumah Sakit Persahabatan sekaligus perwakilan tenaga kesehatan. Demi memperluas dampak kebaikan ini, Pemerintah juga merangkul para driver ojek online untuk ikut menyalurkan 100 bingkisan buah kepada warga yang sedang melakukan isolasi mandiri. Dengan cara ini, Airlangga ingin memberikan contoh bahwa untuk memberikan paket buah kepada orang-orang yang membutuhkan bisa dilakukan dengan menggunakan aplikasi tanpa harus datang ke lokasi. 

Kegiatan lain yang juga sedang berjalan adalah bazar buah di pasar modern dan tempat-tempat strategis seperti Stasiun Bogor, Stasiun Gambir, Rest Area 260b, Terminal Jatijajar, Kapal Merak Bakauheni dan lain-lain yang melibatkan petani dan pelaku usaha untuk memasarkan produk mereka di lokasi tersebut. Beragam marketplace juga mendukung kegiatan ini, baik promo dan juga proses on boarding
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.