Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Hari UMKM Nasional

Menteri Teten Minta Pelaku Usaha Terus Inovasi Hadapi Disrupsi

Kamis, 12 Agustus 2021 16:08 WIB
Menkop UKM Teten Masduki dan Wapres Maruf Amin pda puncak Hari UMKM Nasional, Kamis (12/8). (Foto: ist)
Menkop UKM Teten Masduki dan Wapres Maruf Amin pda puncak Hari UMKM Nasional, Kamis (12/8). (Foto: ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Di hari UMKM yang jatuh pada hari ini, Kamis (12/8), Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki mendorong UMKM untuk bertransformasi digital untuk bisa terus bertahan.

"Di tengah tantangan dan disrupsi akibat pandemi, penting bagi untuk UMKM tetap dapat menjalankan kegiatan usaha sambil senantiasa berinovasi,” katanya dalam Puncak Hari UMKM Nasional yang digelar secara virtual, Kamis (12/8).

Mengangkat tema Tantangan Pandemi dan Strategi Transformasi UMKM Masa Depan pada perayaannya kali ini, Teten menekankan pentingnya mengedepankan upaya integrasi kebijakan pengembangan UMKM dari berbagai stakeholder.

Terutama dalam menjawab tantangan UMKM, meliputi pendampingan, perizinan, sertifikasi, inovasi produk, pembiayaan, akses pasar ekspor, kemitraan dalam rantai pasok industri dan rantai nilai global, konsolidasi pengelolaan logistik, serta digitalisasi untuk menyiapkan UMKM masa depan. 

Baca juga : Ajak Nelayan Divaksin, Menteri Trenggono Harap Produktivitas Kelautan Tingkatkan Ekonomi Nasional

Survei Dampak Covid-19 Terhadap Pelaku Usaha oleh BPS mencatat dari 15 setiap 100 perusahaan cenderung melakukan diversifikasi usaha selama pandemi. “Tren perdagangan secara online juga membantu UMKM untuk bertahan dan tumbuh selama pandemi,” katanya. 

World Bank (2021) menyebutkan 80 persen UMKM yang terhubung ke dalam ekosistem digital memiliki daya tahan lebih baik. 

Dukung pemerintah terhadap UMKM saat pandemi lanjut Teten, saat ini upaya pemulihan ekonomi terus dilakukan, dari total anggaran Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) 2021 Rp 744,75 triliun. 

Dari nilai tersebut, sekitar 21 persen-nya atau Rp 161,2 triliun dialokasikan untuk dukungan UMKM. Yang terdiri dari Bantuan Produktif Usaha Mikro (BPUM) senilai Rp 1,2 juta untuk 12,8 Juta usaha mikro, serta tambahan subsidi bunga KUR 3 persen dengan alokasi anggaran sementara Rp 3,45 triliun. 

Baca juga : Tinjau Vaksinasi HIPMI, Bamsoet Ajak Pengusaha Terus Gotong Royong Atasi Pandemi

Agenda transformasi Kementerian Koperasi dan UKM adalah transformasi dari usaha informal menjadi formal, transformasi digital, transformasi UMKM masuk ke dalam rantai global dan ekspor, korporasi modern dan terdigitalisasi serta penciptaan wirausaha baru yang mapan, inovasi, berkelanjutan, dan menciptakan lapangan kerja. 

Teten menambahkan, transformasi menuju UMKM masa depan membutuhkan pendekatan berbasis ekosistem yang tidak hanya holistik dari hulu ke hilir, namun juga menyertakan inisiatif dan sinergi dari seluruh stakeholder. 

“Keseluruhan elemen ekosistem ini akan dihadirkan di Smesco, di antaranya meliputi konsolidasi  inovasi pembiayaan Himbara hingga LPDB, akses pasar ekspor, kemitraan rantai pasok industri, fulfillment center, cloud kitchen, hingga laboratorium UMKM di Smesco Labo,” ujar Teten.

Hadir pada kesempatan itu, Wakil Presiden Ma'aruf Amin, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartanto, Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita, Menteri Perdagangan M Lutfi, Direktur Utama BUMN, Direktur Utama Perbankan, Kepala Dinas Koperasi dan UKM Provinsi/ DI/Kabupaten/Kota seluruh Indonesia, Ketua Asosiasi UMKM, dan Para Pelaku Usaha. 

Baca juga : Menteri Teten Dorong Milenial Jadi Pengusaha

Dalam sambutannya, Wakil Presiden Ma’ruf Amin mengatakan, tema Hari UMKM Nasional menjadi sangat relevan dalam upaya bersama untuk memastikan pemulihan kesehatan dan membangkitkan UMKM sebagai tulang punggung perekonomian nasional. 

“Itulah sebabnya momentum Hari UMKM Nasional ini menjadi sangat krusial untuk menyatukan kekuatan, bersinergi, bergotong royong dalam mengusahakan UMKM agar bertahan dari dampak pandemi, beradaptasi dan bertransformasi,” imbuhnya. [DWI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.