Dark/Light Mode

Peta Patahan Aktif Indonesia Diluncurkan, Solusi Mitigasi Bencana Geologi

Jumat, 13 Agustus 2021 13:43 WIB
Peta Patahan Aktif Indonesia Diluncurkan, Solusi Mitigasi Bencana Geologi

 Sebelumnya 
"PSG akan menyelesaikan Peta Patahan Aktif dalam bentuk digital pada tahun 2021 - 2025 untuk skala 1:1 juta pada pulau - pulau besar dan lebih detail pada kota - kota rawan bencana," ujar Hendra.

Baca juga : Cerita Boy Pohan, Wasit Indonesia di Final Tinju Olimpiade Tokyo 2020

Peta Patahan Aktif menyediakan data dan informasi dasar yang dapat dipakai oleh ahli geologi, geofisika, serta ahli teknik sipil dan perencanaan untuk mengevaluasi asal-usul sumber gempa bumi dan potensi bencana yang diakibatkannya.

Baca juga : Selesai Karantina, NOC Indonesia Kembalikan Atlet Ke Federasi Nasional

Peta patahan aktif Indonesia berskala 1 : 5.000.000 ini masih bersifat regional, yang menunjukan sebaran keberadaan patahan - patahan aktif. Peta ini merupakan informasi bersifat umum mengenai keberadaan patahan aktif dan potensial aktif untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap potensi bencana gempa bumi, khususnya gempa bumi patahan aktif.

Baca juga : VADS Indonesia Berikan Solusi Pelayanan Publik di Era Digital

Publik dapat mendapatkan peta ini dengan mendowload pada laman Pusat Survei Geologi di psg.bgl.esdm.go.id atau berkirim emal ke [email protected] setelah acara peluncuran Peta Patahan Aktif Indonesia. [EFIi]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.