Dark/Light Mode

Cerita Boy Pohan, Wasit Indonesia di Final Tinju Olimpiade Tokyo 2020

Kamis, 12 Agustus 2021 20:58 WIB
Wasit/juri asal Indonesia Muhammad Arisa Putra Pohan. (Foto: Istimewa)
Wasit/juri asal Indonesia Muhammad Arisa Putra Pohan. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Impian Muhammad Arisa Putra Pohan untuk dapat memimpin pertarungan di Olimpiade telah terwujud. Lelaki yang akrab disapa Boy Pohan ini mendapatkan bonus tambahan, ia dipercaya memimpin laga final kelas menengah (69-75 kg) putra yang mempertemukan petinju Brasil Sousa Herbert kontra Khyzhnik Oleksandr (Ukraina) di Kokugikan Arena, Tokyo, 7 Agustus 2021 lalu.

Boy merupakan ITO tinju pertama dari Indonesia yang dipercaya memimpin pertandingan Olimpiade. Baginya memimpin laga final tak sekadar menjadi kebanggaan, tetapi juga tantangan karena kredibilitas kariernya sebagai wasit dipertaruhkan.

Baca juga : Ini Evaluasi Menpora Soal Prestasi Indonesia Di Olimpiade Tokyo 2020

“Ada 29 wasit yang dipilih Boxing Task Force (BTF) untuk memimpin pertandingan Olimpiade dan empat wasit dieliminasi karena kinerja. Khusus untuk laga semifinal hanya 13 wasit yang terpilih dan saya bangga bisa mewakili Indonesia sebagai wasit di Olimpiade, apalagi bisa diberi kepercayaan untuk memimpin partai final,” ujar Boy, Kamis (12/8).

Boy mengatakan memiliki cerita sediri saat memimpin pertarungan final, kala ia menyatakan Hebert menang secara knockout (KO) atas Oleksandr. Sebab, keputusan KO yang Boy putuskan ditetapkannya pada hitungan keempat.

Baca juga : Pandemi Covid Ubah Peta Kekuatan Negara Peserta Olimpiade Tokyo 2020

“Oleksandr saat itu sudah memimpin dua ronde. Tapi, saat Herbert memukul Oleksandr, saya melihat pandangan matanya sudah berbeda, tidak fokus sehingga saat itu saya putuskan KO pada hitungan keempat,” ujar Boy.

Boy menambahkan memang ada protes, tetapi tim medis saat itu juga menilai Oleksandr tidak bisa melanjutkan pertandingan dan dia juga mengatakan sorry ke saya ketika pertandingan selesai.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.